Tips Merawat Laptop Kantor agar Tidak Cepat Rusak

by Ratna Marlina
Tips Merawat Laptop Kantor agar Tidak Cepat Rusak

Laptop adalah komputer kecil yang bisa dibawa ke mana-mana dan sangat membantu produktivitas bagi pelajar, pekerja lepas maupun pekerja kantoran. Nah, untuk Anda yang bergantung hidup pada laptop, simak tips menjaga laptop agar tidak cepat rusak .

Tips Merawat Laptop

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga laptop dalam kondisi baik, berikut penjelasannya:

  • Jauhkan zat cair dan makanan dari laptop

Jauhkan laptop dari zat cair dan makanan saat bekerja. Cairan yang tumpah ke laptop bisa merusak komponen internal dan menyebabkan korsleting pada laptop. Remahan makanan Anda bisa masuk ke celah keyboard dan bisa menyebabkan fungsi keyboard terganggu. 

  • Install antivirus di laptop

Meskipun Anda sudah memastikan mengunggah file dari sumber yang terpercaya, tapi tetap ada kemungkinan file tersebut mengandung virus yang bisa merusak sistem hardware. Hal ini bisa menyebabkan laptop menjadi lemot atau data di laptop hilang.

  • Mematikan Laptop dengan Benar

Jika Anda akan bepergian, jangan lupa matikan laptop dengan Shutdown, bukan Sleep atau Standby. Satu lagi yang harus Anda perhatikan yaitu jangan mematikan laptop paksa dengan melepas baterai.

  • Jangan Menaruh Barang Berat di atas Laptop

Meletakkan barang-barang di atas laptop adalah hal yang sangat tidak dianjurkan karena tumpukan itu bisa menekan LCD dan mengakibatkan kerusakan pada layar seperti retak. 

  • Perhatikan Tempat Anda Menyimpan laptop

Simpan laptop di tempat yang tidak lembab, hindari tempat yang terlalu panas atau dingin. 

Tips menjaga laptop agar tidak cepat rusak yang bisa Anda baca pada artikel ini. Namun, jika laptop di perusahaan Anda sudah harus diganti, Anda bisa mencari jasa sewa laptop perusahaan yang bebas biaya perbaikan dan tanpa minimal jumlah sewa. Gunakanlah jasa sewa laptop Jakarta yang aman dan terpercaya yaitu Asani Indonesia.