Tips Mencari Kost di Jakarta yang Harus Diperhatikan

by Ratna Marlina
Tips Mencari Kost di Jakarta yang Harus Diperhatikan

Dalam setiap tahun bahkan setiap bulan, bermunculan pendatang baru di kota Jakarta. Di antara mereka bukan hanya mahasiswa melainkan banyak pula yang bekerja. Untuk hidup di Jakarta tentu dibutuhkan tempat tinggal. Tidak sedikit di antara mereka yang mencari kost di Jakarta untuk dijadikan tempat tinggal.

Kehidupan di Jakarta bukanlah hal mudah. Ketika mencari kost-an yang tepat, dibutuhkan ketelitian dan kehati-hatian untuk memilihnya. Dalam hal ini, calon penyewa hendaknya memahami terlebih dahulu kehidupan di Jakarta. Salah satu yang harus diperhatikan yakni dalam pemilihan kost-an yang baik dan bagus. Berikut ini terdapat beberapa tips yang bisa dicoba ketika memilih kost-an di Jakarta. Yuk kepoin!

1. Lakukan Survei Secara Menyeluruh

Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu melakukan survei secara menyeluruh. Untuk mendapatkan info kost Jakarta, banyak cara bisa dilakukan. Salah satunya bisa dengan survei secara online maupun offline. Keduanya bisa dilakukan dengan mudah, dengan catatan pencari harus aktif dan tidak malu untuk bertanya.

Secara online, survei bisa dilakukan dengan bertanya di media sosial. Selain itu, kini berbagai informasi dapat diakses melalui mesin pencarian. Adapun secara offline bisa dilakukan dengan bertanya secara langsung kepada yang lebih berpengalaman. Selain itu, survei lapangan pun bisa dilakukan dengan melihat secara langsung ragam kosan yang bisa dipilih.

2. Memilih Lokasi yang Strategis

Ketika melakukan survei, perhatikan secara teliti dan apik area kost-an. Hal ini sebagai salah satu cara untuk memilih lokasi yang strategis. Ketika mencari kost-an di Jakarta hendaknya memilih area kost dengan lokasi yang strategis dan aman.

Dalam pemilihan lokasi, calon penyewa hendaknya mengetahui lingkungan sekitar kost. Hal ini bisa dilakukan dengan cara bertanya maupun meninjau secara langsung. Ketahui terlebih dahulu tentang lingkungan sekitar kost-an. Pilihlah lokasi yang rawan terkena banjir, rawan pencurian, dan hal yang tidak diinginkan lainnya.

3. Perhatikan Fasilitas yang Disediakan

Selanjutnya, tips lainnya ketika mencari kost-an di Jakarta yaitu memperhatikan fasilitas yang tersedia. Dalam hal ini calon penyewa hendaknya bersikap teliti dan apik. Perhatikan fasilitas yang disediakan penyewa, apakah sesuai dengan yang dibutuhkan atau tidak. Selain itu, pastikan pula fasilitas yang terdapat di kost-an masih baik dengan kondisi bagus.

Fasilitas yang tersedia menjadi salah satu hal yang penting dijadikan pertimbangan. Pasalnya, fasilitas seperti ketersediaan air, listrik, area memasak dan sebagainya menjadi poin penting yang harus diperhatikan. Dengan adanya fasilitas yang lengkap tentu akan lebih terasa mudah dan nyaman.

4. Pilih Kost-an dengan Harga Terjangkau

Tips lainnya yang harus diperhatikan yaitu harga kost-an. Terkait harga, tentunya harus melihat kualitas yang disuguhkan. Pastikan harga yang ditawarkan sesuai dengan kondisi kost-an. Selain itu, pilih harga terjangkau karena kehidupan di kota Jakarta tidak seirit yang dibayangkan. Untuk bisa hidup lebih mudah dan teratur, hemat-hematlah dalam membagi uang untuk kebutuhan.

Memilih kost-an yang murah bisa menjadi pilihan, tetapi kualitasnya pun sangat penting untuk dipertimbangkan. Jadi, pintar-pintarlah dalam memilih kost-an dengan kualitas bagus serta harga yang tidak terlalu tinggi.

5. Perhatikan Sikap Pemilik Kost-an

Selanjutnya, memperhatikan sikap pemilik kost-an pun sangat penting. Untuk menjalani proses sewa kost-an dengan aman dan damai, pilihlah pemilik kost-an yang baik. Hal ini bisa terlihat dari kesan pertama yang disuguhkan. Pemilik kost-an yang ramah dan baik biasanya tidak terlalu memberikan beban yang berat kepada penyewa.

Selain itu, sikap pemilik bisa menjadi pertimbangan agar bisa tinggal lebih nyaman. Oleh karena itu, sikap seorang pemilik pun perlu diperhatikan guna mendapatkan kehidupan kost-an yang menyenangkan. Tidak sedikit di antara mahasiswa yang merasa terbantu dengan sikap pemilik yang baik hati dan tidak terlalu mengekang terutama ketika harus membayar batas waktu sewa.

6. Perhatikan Tingkat Keamanan Area Kost-an

Hal lainnya yang perlu diperhatikan yakni tingkat keamanan area kost-an. Keamanan yang memadai tentu akan menjadi pendukung kenyamanan tempat tinggal yang dipilih. Dengan begitu, perhatikan keamanan di area kost-an. Untuk mengetahuinya, bisa dengan melihat-lihat apakah area kost-annya terdapat gerbang, satpam ataupun yang lainnya.

Selain itu, keamanan kosta-an yang diperhatikan biasanya terlihat dari batas jam malam. Secara umum, pemilik kost biasanya menentukan batas jam malam serta ketentuan pengunjung kost. Nah, jika kost-an yang dikunjungi memiliki peraturan tersebut, maka dapat dipastikan kost-an tersebut memiliki keamanan yang memadai.

Nah, itulah beberapa tips bijak yang bisa diterapkan ketika mencari kost di Jakarta. Pastikan untuk tetap berhati-hati dan jangan mudah percaya pada orang asing. Pilihlah secara tepat dan penuh pertimbangan. Hal ini menjadi salah satu langkah untuk mendapatkan tempat tinggal yang nyaman dan aman.

 

You may also like