Tips Memilih Tas Sekolah Anak Laki-laki yang Nyaman dan Berkualitas

by Ratna Marlina
Tips Memilih Tas Sekolah Anak Laki-laki yang Nyaman dan Berkualitas

Setiap anak di dunia memiliki hak untuk mendapat pendidikan yang layak, entah itu perempuan maupun laki-laki. Tak hanya membayar uang sekolah, orang tua juga memiliki kewajiban untuk memenuhi kebutuhan perlengkapan sekolah anak. Kebutuhan sekolah anak yang paling utama adalah tas sekolah. Ingin tahu bagaimana cara memilih tas sekolah anak laki-laki yang nyaman? Yuk, simak penjelasannya!

Secara umum, tas berfungsi untuk membawa berbagai kebutuhan anak saat bersekolah, mulai dari buku, alat tulis, hingga bekal makanan. Mengingat fungsinya yang sangat penting, orang tua tidak boleh asal memilih tas sekolah untuk anak laki-laki, nih. Umumnya, tas sekolah berbentuk ransel dengan tali bahu yang lebar untuk menyeimbangkan berat ransel.

Bila tas yang dipilih tepat, maka anak dapat lebih bersemangat untuk belajar di sekolah. Berikut ini adalah beberapa tips memilih tas sekolah anak laki-laki yang nyaman untuk digunakan membawa barang-barang keperluan sekolah :

1. Pilihlah Model Tas Ransel dengan Busa Bahu yang Empuk

Umumnya, tas sekolah paling banyak digunakan anak-anak adalah model ransel. Selain dapat membawa banyak barang dan mudah dipakai, tas ransel juga mampu meringankan beban yang dipikul anak, loh! Dengan menggunakan tas model ini, beban akan terbagi rata antara kanan dan kiri.

Tak hanya itu, orang tua juga harus memilih tas ransel dengan busa pada bahu yang empuk. Meskipun sama-sama bermodel ransel, tak semua tas sekolah memiliki pad bahu yang empuk, loh! Pad bahu ini berguna agar anak tidak merasa pegal saat menggendong tas terlalu lama. Oleh karena itu, saat membeli periksa terlebih dahulu apakah bantalan busa pada bahu sudah cukup empuk atau belum

2. Pertimbangkan Warna dan Karakter Favorit Anak

Tips selanjutnya adalah mempertimbangkan selera anak. Sebelum membeli tas, tanyakan kepada anak terlebih dahulu karakter dan warna apa yang disukainya. Bila anak sudah menyebutkan warna dan karakter favoritnya, sebaiknya belikan anak tas sekolah sesuai dengan usulnya. Dengan begitu, anak akan lebih bersemangat ke sekolah karena mengenakan tas bergambar kartun favoritnya.

Bila anak belum memiliki karakter favorit, pilihlah tas dengan karakter yang lucu dan banyak disukai anak-anak. Untuk pemilihan warna, orang tua bisa memilih warna cerah agar anak terlihat lebih ceria.

3. Perhatikan Ukuran Tas Sekolah

Selanjutnya, perhatikan ukuran tas sekolah sesuai dengan ukuran tubuh anak. Sebenarnya, hal yang ini cukup menyulitkan, sih. Sebab, anak membutuhkan tas sekolah yang luas namun bisa tetap terlihat pas di tubuhnya. Umumnya, tas sekolah anak memiliki ukuran maksimal 10-15% dari berat badan anak, nih. Jadi, usahakan untuk memilih ukuran tas yang pas, ya!

4. Perhatikan Bahan Tas

Terakhir, pastikan tas terbuat dari bahan yang berkualitas dan tidak kaku. Bagian dalam tas harus lebih fleksibel karena nantinya akan digunakan untuk menyimpan banyak barang. Orang tua juga dapat memilih bahan tas yang tahan air karena anak-anak masih sering menaruh tasnya di sembarang tempat.

Perhatikan pula detail dari tas tersebut, seperti resleting dan jahitan. Bila ingin tas anak awet sampai beberapa tahun kedepan, pilihlah resleting yang besar karena resleting yang kecil cenderung lebih mudah rusak. Selain itu, perhatikan pula kerapian dan kekuatan jahitan. Pilihlah tas sekolah dengan jahitan yang kuat agar tidak mudah jebol.

5. Pilih Tas dengan Minimal Dua Tempat Penyimpanan

Biasanya, tas sekolah anak menyediakan beberapa tempat penyimpanan yang multifungsi. Usahakan untuk memilih tas yang menyediakan minimal dua tempat penyimpanan, ya! Umumnya, tempat yang besar dapat digunakan anak untuk menaruh buku dan alat tulis. Sementara itu, tempat yang kecil berguna untuk menaruh bekal dan barang-barang kecil lainnya.

Itulah beberapa tips memilih tas sekolah anak laki-laki yang perlu diperhatikan. Dalam membeli tas sekolah anak, sebaiknya orang tua melibatkan anak untuk memilih tas yang disukainya. Namun, kadang kesibukan memaksa para orang tua untuk membeli tas sekolah secara online.

You may also like