Tipe Ukuran Baterai Alat Bantu Dengar dan Kisaran Harganya

by Ratna Marlina
Tipe Ukuran Baterai Alat Bantu Dengar dan Kisaran Harganya

Sekarang ini ada banyak alat bantu dengar yang dipergunakan oleh para penderita gangguan pendengaran. Masing-masing dari alat tersebut, dilengkapi dengan jenis baterai berbeda, yang disesuaikan dengan tipikal desain dari masing-masing alatnya. Jadi, sebelum membeli baterai pengganti untuk alat tersebut, pengguna harus paham tipe dan ukuran baterai alat bantu dengar miliknya, agar tidak salah. Nah, tipe ini secara umum bisa dibedakan menjadi:

1. Baterai Label Merah

Ukuran baterai alat bantu dengar terdiri dari 5 ukuran standar yang dapat dibedakan berdasarkan warna. Perbedaan warna tersebut sangat membantu dalam melihat spesifikasi baterai alat pendengaran. Untuk label merah memiliki ukuran size 5. Ukuran dari size ini lebih kecil dibandingkan dengan lainnya karena tidak lebih dari 2,9 mm x 1,8 mm.

Apabila dibandingkan dengan jenis yang lain, label merah ini memiliki bentuk fisik yang dapat dikatakan lebih mini. Selain itu, juga memiliki masa pakai yang cenderung lebih singkat atau hanya sekira 3 hari pakai saja. Meskipun demikian, baterai tipe ini memiliki keunggulan dari harganya yang lebih murah, yakni sekira 30 ribuan saja.

2. Baterai Label Kuning

Baterai kedua yang banyak digunakan oleh para penyandang gangguan pendengaran yaitu baterai berlabel kuning. Spesifikasi dari baterai ini yaitu memiliki size 10 dengan ukuran 5,8 mm x 3,6 mm dengan kapasitas +/- 100 mAH. Waktu pemakaian dari jenis baterai ini cukup lama yang dapat mencapai 7 hari. Ukuran tersebut, umumnya digunakan untuk alat bantu dengar tipe di dalam telinga atau CIC.

Lebih lanjut lagi, jika bicara kemasan, baterai ini umumnya dijual dalam satu bungkus yang berisi 6 baterai. Harganya sekira 40 sampai 50 ribuan untuk 1 pcsnya. Meskupun agak mahal, namun mencari baterai ini tidak terlalu sulit lantaran telah diproduksi oleh banyak perusahaan.

3. Baterai Label Coklat

Selanjutnya yang ketiga, ada tipe baterai berlabel coklat. Baterai ini memiliki sejumlah karakteristik yang membedakan dengan tipe yang lainnya, yang terdiri dari:

  • Memiliki size 312 dengan ukuran baterai sekitar 7,9 mm x 3,6 mm;
  • Waktu paling lama dari penggunaan baterai berlabel coklat sampai 10 hari;
  • Penggunaan umumnya rata-rata 12 jam/ harinya, yang dikarenakan kapasitas dari baterai sekitar +/- 180 mAH;
  • Ada banyak merk yang menyediakan, dari baterai alat pendengaran ini mulai dari Melawai, HearLife, PowerOne dan lainnya;
  • Umumnya setiap packing terdiri dari 6 pcs baterai dengan harga dari baterai jenis ini di pasaran, biasanya sekira 50-60 ribuan; dan
  • Terpenting vaterai ini juga bebas dari merkuri yang kompatibel untuk  tipe alat dengar yang menggunakan baterai ini yaitu RIC dan ITC.

4. Baterai Label Orange

Baterai berlabel orange memiliki size 13 dengan ukuran sekitar 7,9 mm x 5,4 mm. Daya pakai dari jenis baterai 13 ini sekitar 6 sampai 10 hari bergantung pada waktu pemakaian. Umumnya, daya pemakaian baterai dalam sehari sekitar 12 jam, sehingga cukup aman untuk digunakan dalam beraktivitas rutin di siang hari. Terkait pemakaian, baterai ini bisa digunakan pada dua jenis alat yakni BTE dan ITE

5. Baterai Label Biru

Ukuran terakhir dari baterai alat bantu pendengaran yaitu berlabel biru. Size dari baterai warna biru ini yaitu 675 dengan bentuk 11,6 mm x 5,4 mm. Lama pemakaian dari baterai ini lebih lama dari baterai lainnya yaitu maksimal 20 hari. Hal tersebut dikarenakan bentuk dan ukurannya yang lebih besar sehingga daya tampungnya dapat disesuaikan saat digunakan pada alat BTE. Bila berminat dengan baterai ini, maka bisa membelinya dengan harga sekira 70 ribuan.

Demikianlah tadi serangkaian informasi penting yang dapat diberikan terkait tipe ukuran alat bantu dengar dan kisaran harganya. Bagaimana? Sekarang sudah paham bukan, jika harus membeli ukuran alat baterai yang paling tepat untuk alat yang dimiliki? Nah, agar semakin paham lagi, maka tidak ada salahnya jika mengakses situs Aqm-hearingcenter.com yang memberikan banyak pengetahuan bermanfaat tentang alat bantu dengar di dalamnya!

You may also like