Suka Membaca? Ini Loh Manfaat Membaca Yang Perlu Kamu Ketahui.

by Ratna Marlina
“Kemampuan membaca itu sebuah rahmat, Kegemaran membaca sebuah kebahagiaan” -Goenawan Mohamad-

Membaca merupakan suatu aktivitas yang sudah biasa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Entah itu membaca buku, pengumuman ataupun hal yang paling sepele yakni membaca pesan yang ada di dalam ponsel, semua adalah kegiatan membaca yang rutin.

Namun dari sekian jenis kegiatan membaca yang telah disebutkan diatas, membaca buku merupakan hal yang paling jarang dilakukan oleh orang-orang khususnya di Indonesia. Menurut data penelitian yang dilakukan oleh Programme for International Student Assessment (PISA) menyebut, budaya literasi masyarakat Indonesia pada 2012 terburuk kedua dari 65 negara yang diteliti di dunia. Dan Indonesia menempati urutan ke 64 dari 65 negara tersebut.

Wah mencengangkan ya. Padahal kegiatan membaca sendiri memiliki banyak manfaat untuk diri kamu sendiri. Yuk kenali masing-masing manfaatnya!

1. Membaca dapat membantu mengembangkan ide dan daya kreatifitas!

Membaca kisah sukses para tokoh dunia ataupun karya-karya seni dan kesuksesan pada bidang lain dapat mengembangkan daya imajinasi serta menuntaskan rasa penasaran. Secara tidak langsung kamu akan mendapat insight dari mindset para tokoh-tokoh tersebut yang kebanyakan memiliki ide-ide unik dan luar biasa! Jangan lupa menuliskan ide-ide yang muncul di buku catatan ya, agar dapat mengembangkan ke arah yang lebih besar.

2. Membaca dapat memperluas kosakata

Ayo ingat-ingat, apakah salah satu teman kamu sering berbicara menggunakan kosakata yang jarang kamu dengar? Dan jika iya, apakah ia mempunyai hobi membaca buku? Kalau dua jawaban tersebut benar maka tidak salah lagi, membaca membawa membantu kamu untuk tahu dan meningkatkan pengetahuan kosakata. Dengan mengetahui banyak kosakata baru maka pembicaraan yang kamu lakukan akan menjadi lebih berisi dan bisa memperluas topik yang diperbincangkan.

3. Membaca dapat menumbuhkan rasa empati

Merujuk pada wikipedia, rasa empati ialah kemampuan untuk merasakan keadaan emosional orang lain, merasa simpatik dan mengambil perspektif orang lain.

Melalui membaca kamu dapat mengerti dan memahami berbagai sudut pandang yang ada dalam diri manusia. Memahami bahwasanya manusia memiliki pikiran yang kompleks dan tidak dapat disamakan dengan satu sama lainnya akan membantu kamu untuk menumbuhkan rasa empati dalam diri serta menghargai keputusan yang diambil oleh orang lain walau berbeda pendapat dengan diri kamu.

4. Membantu untuk mencapai life goals yang lebih baik

Membaca kisah tentang seseorang yang mampu mengatasi hambatan pada kehidupannya akan memotivasi untuk menemukan life goals milikmu sendiri, nggak berdasarkan atas pandangan orang. Sering ‘kan kamu melihat teman di sekitar kamu mengikuti life goals orang lain yang nampaknya hebat dan luar biasa baginya? Padahal belum tentu seperti itu lho. karena setiap orang memiliki kriteria dan goalsnya masing-masing. Dengan membaca, maka kamu akan lebih banyak belajar dari kisah orang lain serta belajar untuk segera merealisasikan rencana-rencana kamu.

You may also like