Sering Sulit Tidur? Coba Tips Berikut Ini Dan Jadikan Tidurmu Nyenyak!

by Ratna Marlina

Tidur itu adalah salah satu bentuk kasih sayang Tuhan kepada HambaNya. Jadi manfaatkan waktu tidurmu dengan baik.

Tidur itu merupakan precious time yang tidak tergantikan, iya nggak Sahabat Grammar ? Karena kurang tidur akan menyebabkan kamu lesu dan tidak bersemangat. Saat tidur juga kamu tidak harus berpikir dan bisa mengistirahatkan total seluruh anggota tubuh. Kamupun bisa bertemu dan dekat dengan gebetan juga dalam tidur.

Tapi seiring bertambah dewasa, waktu tidur itu semakin berkurang ya, Sahabat Grammar. Lalu bagaimana supaya tidur kamu tetap berkualitas ? Ada triknya kok, ini dia !

Atur Jadwal

photo credit: Google

photo credit: Google

Biasanya kamu begadang bukan karena tuntutan tapi karena kebiasaan. Seperti, kebiasaan deadline laporan atau tugas, kebiasaan nonton drama sampai tamat dulu, kebiasaan menunda pekerjaan yang bisa dikerjakan siang tadi, dan kebiasaan-kebiasaan lain.

Nah maka dari itu, kamu harus membuat time table bagaimana kamu akan menghabiskan waktu sehari-hari. Jangan biasakan begadang ya, Sahabat Grammar, tidak baik seperti kata Bang Haji Roma.

 

No hand phone

Biasanya ya, matiin lampu kamar, tepuk-tepuk bantal, tarik selimut, dan keluarin handphone. Iya nggak Sahabat Grammar ? Memang susah ya lepas dari handphone tapi baiknya jangan sentuh-sentuh handphone kalau kamu akan tidur. Niatnya hanya mau cek whatsapp atau line eh kebablasan jadi stalking, tahu-tahu sudah subuh. Nah jangan dibiasakan ya, Sahabat Grammar. Sayangi badan dan mata kamu.

 

Mandi

Meskipun Sahabat Grammar pulang sudah sangat larut, jangan langsung tidur ya, Sahabat Grammar. Setidaknya kamu harus cuci muka dan sikat gigi dulu. Tidur dengan kondisi badan yang berkeringat tidak akan nyaman karena akan lembab dan membuat gatal. Nah makanya sebelum tidur kamu pastikan badan dan baju kamu bersih dan nyaman ya.

 

Kasur untuk tidur

photo credit: Google

photo credit: Google

Kasur itu fungsinya untuk tidurSahabat Grammar, jangan dibuat untuk tidur-tiduran ya. Ketika kasur hanya Sahabat Grammar fungsikan untuk tidur, saat melihat atau menyentuh kasur tubuh kamu akan terbiasa untuk rileks dan istirahat. Hal ini juga membantu kamu tidur lebih cepat dan nyaman.

 

Kamar bersih

Pulang malam, capek, ingin segera istirahat tapi kamar berantakan, what a mess. Waktu yang seharusnya kamu bisa gunakan untuk istirahat akan terpotong untuk membereskan kamar terlebih dulu. Kalau kamu memilih tidur di kamar yang berantakan, pasti tidurnya tidak akan nyaman. Makanya Sahabat Grammar harus biasakan meninggalkan kamar dalam keadaan rapi ya. Sehingga ketika Sahabat Grammar pulang bisa langsung beristirahat. Room sweet room.

 

Suasana redup

photo credit: Google

photo credit: Google

Suasana redup membuat tidur lebih pulas, RulaWoman. Saat tidur tubuh akan beristirahat total, suasana yang redup atau gelap akan membantu proses istirahat ini. Sedangkan ketika tidur dalam keadaan terang, tubuh memang beristirahat tapi tetap dalam kondisi siaga karena ada rangsangan cahaya. Tapi kalau kamu takut gelap, menggunakan stand lamp bisa menjadi solusi.

 

Sprei baru

Coba sebelum tidur Sahabat Grammar ganti sprei Sahabat Grammar dengan sprei baru. Sprei yang baru, yang masih harum pewangi baju dan beraroma lemari akan membuat tidur Sahabat Grammar terasa lebih nyaman. Ini karena sprei yang baru masih bersih dan wangi sehingga tubuh kamu akan merasa rileks karenanya.

 

Berdoa

Yup, ini adalah senjata pamungkas untuk membuat tidur lebih tenang. Berdoa sebelum tidur harus terus kamu lakukan ya meskipun kamu bukan anak-anak lagi. Berdoa akan membuat hati lebih damai karena merasa terlindungi. Hati yang damai membuat tidur lebih tenang.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat dan tidurnya nyenyak ya, Sahabat Grammar. Selamat tidur 🙂

You may also like