Pori-Pori Besar Di Wajah Mengganggu? Inilah Cara Mengatasinya

by Ratna Marlina
“Banyak dari kamu menggunakan make up untuk menyamarkan pori-pori yang besar. Tetapi penggunaan make up berat yang terlalu sering akan memperburuk keadaan. Berikut langkah yang tepat untuk mengatasi masalah pori-pori!”

Setiap manusia pasti mempunyai pori-pori. Hal itu tidak bisa dipungkiri. Tetapi, terdapat pori-pori yang besar dan kecil. Pori-pori besar sangat mengganggu untuk kamu. Terutama untuk kamu yang menyukai make up.

Dengan penggunaan make up dalam kondisi pori-pori wajah yang besar, kamu harus menggunakan base wajah yang lebih keras dibandingkan dengan yang memiliki pori-pori yang kecil. Selain itu penggunaan make up berat terlalu sering akan memperburuk keadaan kulit kamu. Selain karena kulit kamu tidak bisa bernafas, kadang pembersih make up yang sering kamu gunakan tidak dapat menjangkau kulit secara menyeluruh. Sehingga menimbulkan komedo yang memperburuk keadaan. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi pori-pori besar.

Untuk mengecilkan pori-pori di wajah kamu harus mengeluarkan komedo terlebih dahulu.

– Exfoliates

Photo Sources: makeupandbeauty

Photo Sources: makeupandbeauty

Gunakan scrub apa saja sesuai dengan jenis wajah kamu. Untuk hasil yang baik gunakan 2 kali dalam seminggu. Karena jika terlalu sering dapat menyebabkan kulit kamu iritasi. Dengan menggunakan scrub wajah kulit kamu akan terlihat lebih bersih.

– Steam Wajah

Photo Sources: BeautyFreeze

Photo Sources: BeautyFreeze

Kamu dapat mengeluarkan komedo dengan melakukan steam wajah. Jika kamu tidak memiliki alatnya, tidak perlu khawatir! Kamu dapat merebus air hingga mendidih dan menaruhnya di wadah. Gunakan uap tersebut seperti alat steam wajah. Kamu bisa menambahkan essential oil sesuai selera kamu untuk relaksasi.

Jika kamu sudah mengeluarkan komedo. Kamu bisa mengecilkan pori-pori dengan cara berikut.

– Peeling

Photo Sources: authorityremedies

Photo Sources: authorityremedies

Terdapat berbagai macam jenis yaitu dermabrasion, laser, dan chemical peeling. Tidak selamanya kimia itu buruk. Konsultasikan kepada dokter kulit manakah yang cocok untuk kamu. Peeling sangat membantu untuk mengecilkan pori-pori. Untuk kamu yang memiliki budget sedikit kamu tetap bisa melakukan peeling. Banyak skincare yang telah menawarkan peeling berbentuk masker dengan harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan treatment dokter. Kamu juga bisa menggunakan putih telur seperti masker untuk khasiat peeling dengan harga sangat terjangkau

– Retinol

Photo Source: Google

Photo Source: Google

Retinol adalah nama lain dari vitamin A dan merupakan bahan paling efektif yang dapat menyerap ke dalam kulit. Bahan ini dapat berhubungan langsung dengan sel kulit bagian manapun dan membuat kulit terlihat sehat sekaligus lebih muda. Terdapat berbagai bentuk dari serum hingga krim.

Jika kamu menggunakan retinol dan kulit kamu memerah dan mengelupas kamu tidak perlu takut. Karena kulit kamu akan terbiasa dan menyesuaikan dalam waktu 2 hingga 3 minggu. Jika kamu takut kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kulit yang terpercaya.

Untuk membuang pori-pori kamu bisa melakukan cara-cara di bawah ini.

– Sunscreen

Photo Source: thesunscreencompany

Photo Source: thesunscreencompany

Matahari merupakan salah satu penyebab dari besarnya pori-pori. Penyebabnya adalah karena sinar matahari dapat merusak collagen di wajah kamu. Selain kamu bisa mencegah besarnya pori-pori dengan menggunakan sunscreen kamu bisa melindungi seluruh kulit kamu. Sunscreen berbeda dengan sunblockJika kamu beraktivitas di bawah matahari lebih lama, grammarcheck menyarankan kamu untuk menggunakan sunblock sebagai pertahanan.

– Laser

photo credit: Google

photo credit: Google

Jika kamu memiliki budget lebih kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk melakukan laser treatment. Laser merupakan cara ampuh untuk mengecilkan pori-pori. Pilihlah dokter kulit yang baik karena tentu saja sudah ahli dalam bidangnya.

Sekarang terdapat banyak perawatan wajah yang ditawarkan dari berbagai macam brand. Mulai impor sampai lokal. Harga murah hingga yang bikin kaget melihatnya. Kamu harus pilih dengan hati-hati yang sesuai untuk kamu.

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah keamanan produk dan treatment yang kamu lakukan. Perhatikan apakah dokter mempunyai izin untuk praktek atau produk yang kamu gunakan mempunyai izin dari departemen kesehatan dari negara asal produk tersebut atau Indonesia.

Untuk cantik harus tetap aman ya !

You may also like