Mengulik Empat Manfaat Utama Penggunaan Solar Panel Di Rumah

by Ratna Marlina
Mengulik Empat Manfaat Utama Penggunaan Solar Panel Di Rumah

Tingginya penggunaan listrik dan meningkatnya pemakaian gadget menjadi salah satu penyebab melonjaknya besar tagihan listrik bulanan. Mungkin Anda tidak menyadarinya, namun selalu ada solusi tambahan berupa pemberdayaan sumber tenaga alternatif, seperti tenaga surya. Lantas seperti apa manfaat solar panel? Berikut ulasan untuk Anda.

 

Manfaat Yang Didapat Dari Penggunaan Solar Panel Di Rumah

  1. Mudah Dipasang Dan Integrasi Terbaik

Jika Anda menganggap bahwa produk PLTS masih sangat asing dan tidak umum di masyarakat, maka tanggapan tersebut salah. Beberapa perusahaan PLTS (pembangkit listrik tenaga surya) di Indonesia pun mulai berbondong bondong menggalakkan media ini. Hal ini karena kemudahan integrasi, dan potensi yang dimiliki.

PLTS sendiri dapat diterapkan untuk kebutuhan rumah tangga, komersial, atau industri. Seperti SUN Energi yang telah berkecamuk di bidang ini dan melakukan operasi besar besaran. Indonesia juga menjadi lokasi yang tepat untuk penggunaan PLTS karena kadar paparan sinar matahari sepanjang hari.

Jika dilihat secara luar, maka bisa dikatakan bahwa pengadaan PLTS sendiri memberi efek besar pada ketersediaan listrik di penjuru negeri. PLTS bisa menjadi jawaban perluasan jangkauan listrik ke daerah terluar. Hal ini karena solar panel didasari sifatnya yang mudah dipasang dan disesuaikan dengan kebutuhan.

 

  1. Penghematan Biaya Tagihan Bulanan

Sebagai sumber energi alternatif, manfaat solar panel hadir sebagai cara menghemat biaya tagihan bulanan. Anda tidak perlu menggunakan bahan bakar fosil layaknya PLN, yang mana tarif tagihan kian bertambah. Solar panel menggunakan 100% cahaya matahari sebagai sumber energi.

Indonesia yang berada di garis khatulistiwa, tentunya kaya akan jumlah sinar matahari dan ideal untuk PLTS. Anda pun dapat menggunakan panel tenaga matahari sebagai penyedia listrik alternatif, yang digunakan selama pagi dan siang hari. Kemudian menyimpan listrik untuk digunakan di malam harinya.

 

  1. Bersifat Modular

Menariknya, PLTS sendiri bersifat modular. Anda bisa mendapatkan daya sesuai dengan kebutuhan kapasitas listrik. Anda bisa merangkai modul secara paralel atau seri, yang kemudian memberikan kapasitas sesuai kebutuhan. Seperti PLTS rumah tangga yang dapat menjalankan beberapa perangkat elektronik, seperti AC dan kulkas.

 

  1. Ramah Lingkungan

Salah satu kendala utama dalam dunia penyediaan tenaga listrik adalah sumber daya. Tenaga pembangkit listrik umumnya menggunakan bahan bakar fosil yang menyebabkan aktivitas global warming. Permasalahan ini semakin besar dengan peningkatan permintaan daya listrik.

Beruntungnya, manfaat solar panel menjadi solusi masalah ini. Panel surya  berjalan dengan sumber cahaya matahari, yang mana tidak membutuhkan bahan bakar fosil. Proses kerjanya pun jauh lebih tenang, tanpa ada polusi suara ataupun udara. Tak heran PLTS mulai digalakkan pemerintah.

Penggunaan listrik tenaga surya cukup asing di telinga warga Indonesia. Mengingat masih jarangnya penerapan PLTS. Meski demikian, solar panel dapat menjadi jawaban akan penggunaan teknologi terkini yang lebih ramah lingkungan. Integrasi yang mudah, sifat yang modular, dan kemampuan menghemat biaya pun menjadi pertimbangan terbaik.

You may also like