Memahami Lebih Dalam Jaringan Komputer dan Manfaatnya

by Ratna Marlina
Memahami Lebih Dalam Jaringan Komputer dan Manfaatnya

Deskripsi: Jaringan komputer adalah sebuah jaringan yang sengaja dibuat untuk menghubungkan satu komputer dengan yang lainnya. Simak penjelasan berikut ini.

=============

Memahami Lebih Dalam Jaringan Komputer dan Manfaatnya

Sumber: nizamtaher.wordpress.com

 

Menciptakan jaringan komputer adalah hal yang mudah untuk teknisi komputer di era digital. Semakin canggihnya teknologi memicu munculnya berbagai peralatan yang lebih canggih. Inilah yang memudahkan seorang teknisi untuk membangun sistem jaringan komputer.

Setelah jaringan ini selesai dibuat Anda bisa melakukan berbagai hal dan mengakses fitur-fitur yang ada di dalam sebuah komputer, salah satunya website. Jika Anda membutuhkan website dengan domain terbaik, cobalah untuk mengunjungi DomaiNesia.

DomaiNesia menyediakan layanan hosting dan domain terbaik, sehingga Anda bisa membangun website dengan baik. Jika Anda membutuhkan informasi seputar dunia komputer dan internet, Anda bisa mengunjungi blog dari DomaiNesia.

Jaringan komputer tidak hanya bisa digunakan untuk mengakses website saja. Anda bisa melakukan lebih banyak hal lain dengan memanfaatkan teknologi ini. Penemuan ini mempermudah berbagai pekerjaan manusia yang dulunya terasa berat ketika dilaksanakan.

Tujuan jaringan komputer yaitu memastikan pengiriman dan penerimaan segala bentuk informasi tepat sasaran. Dengan tujuan yang jelas, perkembangan dari inovasi canggih yang satu ini menjadi semakin pesat.

Dasar jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang dihubungkan. Hubungan yang sengaja dibangun memunculkan berbagai fitur dan fungsi baru sehingga manusia bisa melakukan lebih banyak hal dengan PC yang dimilikinya.

Baca juga : Jenis-jenis topologi jaringan

Fungsi dari Jaringan Komputer

Ada beragam fungsi jaringan komputer yang perlu Anda ketahui, yaitu :

  • Menjadikan Data Terintegrasi

Dengan terhubungnya beberapa komputer dalam sebuah jaringan, maka data-data yang ada di dalam komputer akan terintegrasi. Hal ini akan membuat pekerjaan di dalam sebuah perusahaan atau entitas menjadi lebih mudah. Dengan bantuan perangkat jaringan komputer terbaik, integrasi data bisa berjalan lebih cepat.

  • Memperlancar Komunikasi antar Bidang

Komunikasi antar bidang di dalam sebuah organisasi merupakan salah satu kunci untuk mencapai tujuan dari organisasi. Jaringan komputer berfungsi untuk memperlancar komunikasi antara satu bidang dengan bidang lainya.

Kini para anggota dalam sebuah bidang tidak perlu sering melakukan pertemuan langsung untuk mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan. Mereka hanya perlu mengirimkan pesan atau teks khusus menggunakan komputer yang mereka gunakan untuk anggota dari bidang lain.

  • Menjaga Privasi Perusahaan

Salah satu manfaat jaringan komputer adalah menjaga rahasia dari sebuah perusahaan. Perlu Anda ketahui bahwa setiap perusahaan pasti mempunyai beberapa file yang sifatnya rahasia. Untuk menjaga agar file tersebut tetap aman, umumnya perusahaan akan memanfaatkan jaringan komputer.

Pihak perusahaan bisa meminta teknisi untuk menghubungkan komputer dalam jumlah yang sangat kecil. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan file rahasia perusahaan hanya bisa diakses dari beberapa komputer saja sehingga tingkat keamananya semakin naik.

  • Mengakses Media Sosial

Jaringan komputer berskala luas memungkinkan manusia untuk mengakses media sosial. Saat dunia mulai memasuki era digital, kebanyakan masyarakat lebih sering mengakses media sosial untuk berbagai kebutuhan.

Produk teknologi yang satu ini memang menarik perhatian dari masyarakat dunia. Kemudahan dalam penggunaan dan beragam fitur unik di dalamnya menjadi daya tarik yang sangat kuat.

  • Mengakses Website

Jaringan komputer dengan jangkauan di tingkat global memungkinkan manusia untuk mengakses website. Website saat ini sudah menjadi media untuk menghasilkan banyak uang.

Banyak individu atau organisasi yang berhasil meraup keuntungan berupa uang dan popularitas dari website. Jika Anda menginginkan hal yang sama, maka Anda harus mencari layanan hosting terbaik. DomaiNesia bisa menjadi solusi untuk persoalan ini, karena layanan yang diberikan sangatlah berkelas.

  • Mengakses E-Mail

E-Mail menjadi teknologi yang sangat dibutuhkan oleh manusia di era modern. E-Mail sudah terbukti mampu mempermudah pekerjaan manusia khususnya untuk pengiriman pesan dan berkas.

Jaringan komputer yang terhubung di dunia membuat masyarakat bisa mengakses E-Mail kapan saja. Baik pelajar maupun pekerja, saat ini mereka semua sangat membutuhkan akses E-Mail untuk menyelesaikan berbagai tugas yang dibebankan kepada mereka.

  • Mengakses Game Online

Game online sekarang sudah menjadi industri baru yang mampu menghasilkan banyak uang bagi pihak pengembang, pemain, dan orang-orang yang terlibat di dalamnya.

Sudah banyak orang yang akhirnya sukses berkat game online. Ternyata game online bisa diakses oleh masyarakat dunia karena adanya jaringan komputer berskala luas.

Tanpa adanya jaringan komputer, pasti seorang gamer tidak akan bisa terhubung dengan gamer lainya. Perkembangan game online tidak akan bisa sebagus sekarang tanpa bantuan teknologi ini.

Jaringan komputer ternyata memiliki beragam fungsi yang berguna untuk manusia. Setiap fungsi dari teknologi ini bisa dirasakan dengan jenis jaringan komputer yang tepat.

Klasifikasi dari Jaringan Komputer

Berikut ini adalah macam-macam jaringan komputer yang perlu Anda ketahui :

  • Wide Area Network

Jaringan komputer yang jangkauannya sangat luas sehingga mampu diakses oleh masyarakat dalam satu wilayah besar seperti negara. Jaringan komputer yang satu ini biasanya dikelola oleh pemerintah sehingga distribusinya bisa lebih merata.

  • Metropolitan Area Network

Jaringan komputer yang bisa digunakan oleh masyarakat pada satu kota. Perangkat khusus dibutuhkan untuk membangun jenis jaringan ini. Pada negara-negara maju, tipe jaringan komputer yang satu ini sudah populer.

  • Local Area Network

Local Area Network hanya bisa diakses oleh orang-orang yang berada di dalam satu bangunan. Radius dari jenis jaringan ini sangat sempit sehingga masyarakat akan kehilangan akses apabila posisinya terlalu jauh dari pusat jaringan.

Dari sini Anda seharusnya sudah paham mengenai jaringan komputer dan beragam fungsinya. Jaringan komputer adalah salah satu teknologi yang memberikan dampak besar di dunia. Bahkan, banyak perubahan yang terjadi di dunia karena munculnya jaringan komputer.

You may also like