Manfaat Penggunaan AC di Kantor, Salah Satunya Cegah Stress

by Ratna Marlina
Manfaat Penggunaan AC di Kantor, Salah Satunya Cegah Stress

Di negara tropis dengan suhu yang panas menimbulkan banyak resiko terhadap kesehatan manusia. Apalagi, ketika lingkungannya yang berdebu saat terik matahari. Udara panas membuat debu dan partikel alergen berterbangan saat tertiup hembusan angin.

AC kantor adalah sebuah perangkat yang sangat diperlukan untuk mengatur suhu udara. Terutama, untuk mengalahkan hawa panas terik saat di musim panas. AC dapat berfungsi untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. AC juga berguna untuk mengatur suhu ruangan agar tetap konstan.

Pemakaian AC menjadi sebagai sebuah kewajiban di seluruh perkantoran saat ini. Keberadaan AC diperlukan untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan kantor agar nyaman saat bekerja. Itulah alasan saat Anda merasakan suhu panas di ruang kantor sehingga perlu untuk segera mendinginkannya.

Namun, AC kantor juga dapat menimbulkan risiko kesehatan apabila pengaturannya tidak tepat. Kemudikan, jika tidak dibersihkan dengan benar atau secara berkala.

Stres, hipertensi dan gangguan pembuluh darah adalah kombinasi yang klop untuk terjadinya stroke dan penyumbatan gangguan pembuluh darah. Akan lebih parah lagi jika pekerja sudah punya riwayat kolesterol, ataupun terpicu memiliki kolesterol tinggi akibat stres.

“Menjadi jelas, peran AC di ruang kerja membantu menjaga esensi kesehatan para pekerja melalui mengkondisikan sirkulasi udara lebih baik dan sehat serta mengurangi kadar stres pekerja. Tentunya akan lebih sempurna jika piranti pengkondisi udara yang Anda pilih merupakan AC yang memiliki fitur pencegah tumbuhnya bakteri,” demikian ulasan di laman KlikDokter.

Jika untuk skala rumahan Anda butuh pendingin seperti model AC Multi Split, maka untuk level perkantoran, Anda butuh pendingin yang lebih besar seperti AC Cassette.

AC Cassette  ini lebih sering digunakan di kantor dan ruang pertemuan karena jenis pendingin ini lebih bekerja cepat mendinginkan ruangan yang luas. AC kaset dipasang di plafon. Maka, untuk memasang AC kantor kaset ini perlu keahlian khusus ketimbang saat memasang AC split.

Jika ditinjau lebih jauh, AC memberikan kondisi udara yang konstan bagi tubuh Anda. Dengan begitu, Anda akan merasa sangat nyaman ketika menggunakan AC. Dalam kondisi udara yang sesuai dengan suhu tubuh ideal tersebut, maka efisiensi kerja manusia menjadi optimal. Anda pun akan mampu bekerja dengan semangat yang lebih besar.

Beberapa manfaat saat bekerja di ruangan yang menggunakan AC :

Efisiensi Kerja Meningkat

Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa dalam kondisi nyaman maka secara otomatis kapasitas kerja Anda akan meningkat. Ketika kondisi suhu ruang kantor tinggi, maka panas tubuh manusia meningkat. Alhasil, akan muncul perasaan tidak nyaman dari dalam dan menyebabkan gangguan pikiran, sehingga memicu kurangnya konsentrasi. Anda cenderung merasa cepat bosan saat suhu udara yang panas

Jika kondisi udara nyaman yang karena hembusan angin AC, Anda akan merasa tenang dari dalam diri Anda sehingga mampu bekerja lebih baik. Situasi udara bersih juga lebih menyehatkan sehingga membuat Anda dapat melakukan pekerjaan lebih lama.

Kesehatan yang Lebih Baik

AC mampu menyaring sirkulasi udara di dalam ruangan kantor. Sirkulasi udara akan menjadi bebas dari debu, partikel, asap, mikro organisme, bakteri, dan lain-lain. AC juga membuat udara lebih higienis sehingga ruangan kantor menjadi bersih dan meningkatkan kesehatan pekerja di dalam ruangan tersebut.

Mengurangi Kebisingan

Saat menggunakan AC semua jendela kantor akan tertutup agar kondisi udara di dalam ruangan lebih optimal. Hal ini akan meredam suara-suara bising dari luar kantor. Dengan begitu, akan tercipta ketenangan di dalam kantor, sehingga konsentrasi bekerja ANda menjadi lebih terpusat.

Cegah Stress

Suhu ruangan yang mendukung juga akan berpengaruh dan mengurangi kondisi stres atau depresi di kantor. Suhu yang tinggi akan memicu kondisi tubuh mudah berkeringat dan lembab. Hal ini juga berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan yang berpengaruh terhadap  kelancaran performa kerja.

AC juga membantu ruangan kerja terlindung dari polusi udara yang menjadi biang penyakit dan menghantui kesehatan pekerja di area kerja. Para peneliti dari University of Michigan mengatakan, menghirup udara berpolusi selama dua jam dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

You may also like