Kenali 6 Jenis Produk Kecantikan Untuk Bibir Berikut Ini! Nomor 4 Juga Sering Digunakan Oleh Kaum Lelaki Loh!

by Ratna Marlina
Merawat bibir itu perlu loh! Bahkan ada produk kecantikan untuk bibir yang juga digunakan oleh kaum lelaki.

Sebagai seorang perempuan, tentu kamu akan selalu berusaha untuk berpenampilan menarik. Salah satu caranya adalah dengan merias diri. Berbagai jenis produk kecantikan seolah diciptakan untuk melengkapi kehidupan kaum perempuan. Dari ujung kepala hingga ke kaki, semuanya tak luput dari produk kecantikan. “Dari mata turun ke hati”, sepenggal lirik lagu tersebut menggambarkan bahwa fokus utama riasan wajah seorang perempuan itu ada di matanya. Katanya, semakin menarik mata seorang perempuan, dia bisa mengalihkan dunia setiap orang yang melihatnya. Namun, tak hanya bagian mata, ternyata bibir juga menjadi perhatian penting bagi kaum perempuan saat sedang merias diri loh. Terbukti dari banyaknya jenis produk kecantikan untuk bibir yang bisa kamu gunakan. Masih bingung dengan jenis dan manfaatnya? Yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Lipstik

photo source: viva.co.id

photo source: viva.co.id

Sebutan produk kecantikan untuk bibir yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telingamu kan? Yap, lipstik atau yang juga dikenal dengan sebutan gincu ini merupakan pewarna bibir yang terbuat dari lilin, pigmen, minyak, dan lain-lain. Tentu saja kegunaan lipstik ini adalah untuk memberikan rona pada bibir. Warna lipstik juga bervariasi. Biasanya warna merah terang sangat identik dengan lipstik dan sudah terkenal sejak era Ratu Elizabeth I. Namun, seiring berjalannya waktu, warna-warna seperti nude, plum, dan coklat mulai beken di kalangan perempuan. Kini, selain berbentuk padat, lipstik juga ada yang berbentuk cair. Intinya, produk kecantikan untuk bibir satu ini sudah banyak mengalami kemajuan yang tentunya menyesuaikan kebutuhan kaum perempuan. Jadi, pastikan kamu memilih lipstik yang sesuai dengan kebutuhan bibirmu juga ya.

 

2. Lip tint

photo source: weheartit.com

photo source: weheartit.com

Bagi kamu penggemar drama Korea dan produk kecantikan asal negeri gingseng tersebut pasti sudah tidak asing dengan lip tint. Sering digunakan oleh artis-artis Korea, lip tint menjadi daya tarik bagi kaum perempuan di Indonesia. Kegunaannya sama dengan lipstik, yaitu untuk mewarnai bibirmu. Biasanya berbentuk cair atau gel. Lip tint lebih tahan lama dibanding lipstik dengan meninggalkan ‘noda’ di bibirmu. Jadi buat kamu yang ingin memberikan efek gradasi warna di bibirmu, bisa gunakan lip tint ini untuk membuat bagian tengah bibirmu lebih terang dibandingkan dengan daerah sekitarnya.

 

3. Lip liner

photo source: more.com

photo source: more.com

Produk ini dikenali juga sebagai pensil bibir. Seperti alis mata, bibir juga perlu dibingkai agar terlihat lebih indah. Menggunakan lip liner di sepanjang garis bibir dapat memberikan kesan rapi saat mengenakan lipstik. Lip liner juga terbuat dari lilin, minyak, dan zat pewarna. Jika dibandingkan dengan lipstik, produk ini lebih cocok digunakan untuk ‘menggambar’ bibir secara hati-hati.

 

4. Lip balm

photo source: kesehatan-kulit.com

photo source: kesehatan-kulit.com

Punya bibir kering dan mudah pecah-pecah? Lip balm adalah solusinya. Kandungan yang terdapat dalam lip balm dapat menjaga kelembaban bibirmu. Selain itu, lip balm biasanya dilengkapi dengan kandungan vitamin E dan SPF yang bisa merawat serta melindungi bibirmu dari sinar UVA dan UVB. Pilihlah lip balm yang memiliki kandungan SPF lebih dari 15 dengan kadar pelembab yang tinggi, serta mengandung emollient dan minyak alami. Bentuk lip balm bervariasi, ada yang seperti lipstik, ada pula yang seperti salep dan ditempatkan dalam jar kecil. Psst, selain bermanfaat dan digunakan oleh perempuan, ternyata lip balm juga dipakai oleh kaum lelaki loh. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, mengaku selalu menyimpan lip balm dalam sakunya untuk digunakan setiap kali bibirnya terasa kering. Beliau mengaku bahwa kamar kerja dengan pendingin ruangan yang sangat dingin membuat bibirnya jadi lebih mudah iritasi dan pecah-pecah karena kering. Nah, buat kamu yang selalu kerja di bawah paparan pendingin ruangan, harus mencontoh Pak Sandiaga nih agar bibir terhindar dari kering dan pecah-pecah.

photo credit: google

photo credit: google

5. Lip gloss

photo source: shutterstock

photo source: shutterstock

Mau bibirmu terlihat lebih berkilau? Coba oleskan lip gloss setelah kamu selesai menggunakan lipstik di bibirmu. Produk ini memiliki kandungan minyak yang tinggi. Oleh karena itu, lip gloss dapat membantumu untuk menjaga kelembaban bibir dan memberikan kesan yang glossy. Tapi khasiat dari lip gloss ini tidak sekuat yang dihasilkan oleh lip balm dan lip butter. Jadi buat kamu yang punya bibir yang pecah-pecah, lip gloss ini kurang cocok untuk mengatasinya. Selain itu, warna dan efek berkilau dari lip gloss tidak dapat bertahan lama.

 

6. Lip butter

photo source: likeitgirl.com

photo source: likeitgirl.com

Satu lagi produk kecantikan untuk merawat bibirmu agar tetap lembab, lip butter. Dibandingkan dengan lip balm dan lip gloss, produk perawatan bibir ini memiliki kandungan minyak yang lebih banyak. Maka, produk ini disebut lip butter karena teksturnya yang juga mirip dengan mentega. Bedanya, lip butter tidak mengandung SPF seperti lip balm. Namun, lip butter lebih intensif dalam melembutkan bibirmu. Buat yang punya bibir pecah-pecah dan sangat kering, gunakan lip butter setiap malam sebelum kamu tidur supaya bibirmu sehat kembali.

Itulah enam jenis produk kecantikan untuk bibir manismu. Semoga bermanfaat untuk merawat bibirmu.

You may also like