Kelebihan Belajar Bahasa Pemrograman Pemula Harus Tahu

by Ratna Marlina
Kelebihan Belajar Bahasa Pemrograman Pemula Harus Tahu

Bagi seseorang yang ingin menjadi developer ataupun programmer dapat mulai mempelajari salah satunya bahasa pemrograman atau sering disebut programming language. Selain membantu dalam menambah keahlian, masih ada beberapa kelebihan belajar bahasa pemrograman yang mendukung di setiap aktivitas pengembangan website.

Tentu untuk menjadi seorang developer atau programmer handal dituntut terus meningkatkan kemampuan bahasa komputer. Tanpa berlama-lama lagi, ikuti uraian mengenai kelebihan belajar bahasa pemrograman yang akan dijabarkan berikut ini.

1. Meningkatkan Kecakapan dalam Logical Thinking

Kelebihan pertama dari mempelajari programming language adalah meningkatkan kecakapan dalam logical thinking atau berpikir logis. Kemampuan berpikir logis yang disertai algoritma dibutuhkan oleh para developer untuk dapat menghasilkan program. Apabila seorang developer tidak memiliki pemikiran yang logis dalam membuat sebuah produk maka akan mengecewakan.

Selain cukup penting meningkatkan kemampuan logical thinking, dengan terbiasa mempelajari bahasa pemrograman seorang developer akan lebih tenang dalam menghadapi permasalahan. Baik itu terkait program yang ingin terus dikembangkan pada platform atau hal-hal lainnya.

2. Melatih Pemikiran Sistematis

Setelah meningkatkan kemampuan dalam berpikir logis, seseorang yang belajar programming language ini secara langsung melatih pemikiran sistematis. Nanti saat membuat sebuah program seorang developer dituntut untuk bisa menyusun setiap baris kode dengan aturan yang sesuai (tidak boleh terbalik). Pengurutan kode-kode tersebut telah ada sejak dahulu di berbagai programming language variannya.

Tentu dengan mempelajari sistematika ini, seorang developer akan terbiasa dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan secara sistematis. Khususnya masalah sehari-hari yang terkadang hadir dengan tiba-tiba tanpa persiapan terlebih dahulu.

3. Menjadi Pribadi yang Lebih Teliti

Kelebihan belajar bahasa pemrograman yang selanjutnya adalah menjadikan pribadi dari seorang developer semakin teliti akan detail penting. Sejatinya setiap hal dalam hidup ini terdapat beberapa hal penting yang tidak boleh sampai terlewatkan agar hasilnya bisa maksimal. Salah satu masalah yang muncul dalam membuat program terkait dengan verification error.

Biasanya masalah tersebut terjadi karena ada baris kode yang terlewat atau akibat pengaruh dari perangkat yang digunakan dan koneksi internet. Seringnya developer dalam memperhatikan setiap detail maka tanpa disadari akan berimbas ke dunia nyata menjadi lebih teliti lagi.

4. Melatih Pribadi Menjadi Lebih Sabar

Seperti sudah diketahui bahwa programming language berhubungan dengan bahasa komputer sehingga dalam mempelajarinya sangat membutuhkan kesabaran ekstra. Mengapa demikian? Bisa dibilang setiap ada masalah yang berkenaan dengan program, algoritma, atau kode dan ingin diperbaiki tentu harus bersabar agar dapat terselesaikan.

Inilah yang membuat seseorang pengembang website atau platform secara tidak langsung menjadi pribadi penuh dengan kesabaran lagi ketenangan. Apabila setiap masalah diselesaikan dengan sabar dan tenang tanpa kepanikan maka hasil yang didapatkan tak akan jauh berbeda dari target.

5. Bisa Menjadi Lahan Pencari Cuan

Kelebihan belajar bahasa pemrograman yang terakhir bagi calon developer, bisa menjadi lahan usaha atau bisnis web. Disini developer tersebut dapat mengembangkan setiap program untuk keperluan bisnis web. Pilihan ini pun cukup sering dipakai oleh para pengusaha muda yang sudah lebih dahulu berkecimpung.

Dimana pada awalnya kebanyakan dari para pengusaha tersebut tidak tahu apa-apa menjadi berwawasan tinggi akan bisnis web. Ini artinya dengan belajar sungguh-sungguh tentu akan mengurangi cost petugas programmer lain dan memberikan hasil yang sesuai keinginan.

Cukup sekian informasi terkait kelebihan belajar bahasa pemrograman yang patut diketahui oleh para calon programmer atau developer pemula. Intinya jangan cepat putus asa dan berbangga diri, karena ilmu akan terus berkembang seiring pergantian zaman.

You may also like