Kamu Susah Bangun Pagi? Ikut Tips Berikut Ini Untuk Jadi Morning Person!

by Ratna Marlina
“Susah bangun pagi atau paginya kurang berkualitas? Mungkin ada yang salah dengan rutinitas pagimu!”

SahabatGrammar, apakah kamu punya kebiasaan untuk tidur malam dan bangun siang? Terlebih lagi ketika sedang libur, paling enak tidur sampe siang ya. Tapi tahukah kamu? Beberapa studi mengatakan bahwa orang-orang yang bangun pagi setiap harinya cenderung bisa lebih sukses daripada orang yang suka begadang dan bangun siang, loh. Morning person, atau orang yang memanfaatkan paginya dengan produktif, cenderung bisa menjalani harinya lebih baik dan terhindar dari stres. Ingin rasanya jadi morning person, tapi tak kunjung bisa? Yuk cek tips-tips ini agar kamu bisa jadi morning person dengan pagi yang berkualitas!

photo credit: Google

photo credit: Google

1. Jangan Tekan Snooze!

Ini nih, yang pasti kamu sering lakuin. Sudah di-snooze, pasang alarmnya banyak lagi, tiap setengah jam sekali! Padahal, kalau kamu sudah bangun Cuma untuk snooze alarm kemudian tidur lagi, otakmu kembali ke kondisi saat kamu mulai tidur dari awal. Kemudian untuk waktu yang sebentar, kamu harus membuka matamu lagi dan bangun, membuat otakmu kaget dan bingung. Semakin banyak kamu menekan snooze, akan semakin bingung otakmu, membuatmu jadi grogi. Ini tentunya akan mengganggu harimu, karena kamu akan merasa capek dan linglung. Menghabiskan lima menit untuk tidur setelah kamu mematikan alarmmu akan membuatmu lebih lelah dibandingkan bangun saat itu juga. Jadi, untuk kualitas pagi yang lebih baik, jangan tekan snooze!

2. Ubah Jam Bangun Sedikit Demi Sedikit

Buat kamu yang sudah terlanjur sering begadang dan bangun siang, mulai sedikit demi sedikit dulu saja! Misalnya, kamu biasa bangun jam 8, besok pasang alarm jam 7.50 kemudian lusa jam 7.40. Kurangi terus setiap hari sampai akhirnya kamu bisa bangun jam 5, misalnya. Tentu saja, jam tidur juga harus disesuaikan. Tapi ingat, kamu harus komitmen untuk ini! Ketika sudah terbiasa bangun pagi, teruslah bangun di jam yang sama. Dengan begini otakmu akan terbiasa dan rutinitasmu tetap terjaga.

3. Matikan Elektronikmu 60 Menit Sebelum Tidur

Ini penting agar kamu bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik. Sering banget kan, niatnya cuma ngestalk orang di Instagram 5 menit, eh terus tiba-tiba sudah 2 jam lewat dari waktu tidur yang seharusnya. Jadinya tidurnya telat, bangunnya juga telat deh. Selain itu, cahaya layar dari smart phone, laptop, atau televisi dapat mencegah kamu tidur dengan membuat otakmu terus ‘menyala’. Lebih baik kamu membaca buku atau menulis jurnalmu saja sebelum tidur. Jangan lupa berdoa!

4. Tidur yang Cukup

Kalau yang ini sudah pasti. Jika kamu tidak mendapatkan tidur yang cukup, bangun pagi ataupun beraktivitas akan sulit. Sesuaikan dengan waktumu bangun, paling tidak kamu harus bisa dapat 7-9 jam setiap malam agar bisa bangun dengan segar.

5. Hindari Makanan-makanan Ini!

Tentu saja hindari kafein. Kafein akan membuatmu terjaga dan tidak mendapatkan tidur yang berkualitas. Hindari juga makan coklat karena terdapat sedikit kandungan kafein di dalamnya. Minum alkohol sebelum tidur juga akan mengganggu siklus tidurmu. Makanan berlemak dan berminyak juga harus dihindari karena makanan-makanan ini lama dicerna, membuat tubuhmu terus bangun dan bekerja ketika sedang mencernanya. Lebih baik kamu makan jauh sebelum jam tidurmu. Apabila harus makan dekat waktu tidur makanlah dengan porsi kecil. Makanlah makanan-makanan yang berempah, selain bisa mempercepat metabolisme tubuh juga memiliki antioksidan. Selain itu ayam turki, susu, dan telur juga bisa membantumu untuk tidur. Minum teh hijau sebelum tidur juga baik untuk mengurangi berat badan, loh!

6. Dapatkan Cahaya Matahari dan Olahraga

Sebisa mungkin bangunlah dengan sinar matahari. Sinar matahari pagi mempercepat metabolisme tubuh dan membuat moodmu di pagi hari baik. Ini juga meningkatkan kualitas bangun tidurmu. Kalau kamu bisa keluar untuk jogging, itu menambah nilai plus! Kalau tidak bisa olahraga, senam sederhana juga boleh. Bergerak setelah bangun tidur sangat penting, walaupun hanya gerakan-gerakan simpel. Hal ini guna memperlancar peredaran darah setelah tidur.

image credit: pexels

image credit: pexels

7. Jangan Cek Hape atau Menonton Televisi Setelah Bangun

Selain bisa bikin kamu bete di pagi hari, bisa-bisa kamu ketiduran lagi! Baru bangun otakmu sudah harus mencerna semua berita, notifikasi chat, email, dan banyak hal lain di smart phonemu. Hal ini bisa membuatmu stress. Stres di pagi hari bisa merembet sampai seharian, loh! Apa yang kamu lihat di smart phonemu atau berita di televisi bisa mempengaruhi moodmu. Jadi lebih baik kamu jauh-jauh dari hal-hal tersebut dulu untuk pagimu yang berkualitas. Tetap offline di pagi hari!

8. Banyak Minum

Sebelum dan bangun tidur, minum air putih sangat penting. Minum air putih sebelum tidur bisa memperlancar pencernaan dan mengganti cairan tubuhmu yang hilang seharian. Minum di pagi hari selain untuk mengganti cairan tubuh yang hilang ketika tidur juga membersihkan pencernaanmu, sehingga kamu bisa mulai hari dengan ringan dan segar! Hal ini juga bisa membantumu mengurangi berat badan. Kalau kamu suka, kamu juga bisa minum segelas jus jeruk atau lemon.

9. Rencanakan Harimu

Sebaiknya kamu merencanakan hari di malam sebelumnya, sehingga esok pagi tidak terburu-buru dan waktu pagimu santai. Baju yang mau kamu pakai, dandanan, segala persiapan untuk besok siapkan sebelum kamu tidur. Rencanakan juga kegiatan yang akan dilakukan esok hari. Hal ini mencegah adanya ketinggalan atau kebingungan mencari barang esok paginya, membuatmu lebih siap dan mantap ketika akan berangkat. Ketika orang lain terburu-buru untuk berangkat, kamu sudah menyiapkan semuanya sehingga pagimu akan lebih santai.

10. Lakukan Hal yang Kamu Suka

Pagi yang menyenangkan tidak lengkap tanpa hal yang kamu suka! Hal ini bisa apa saja, seperti mendengarkan musik, mewarnai, menggambar, menulis, apapun! Mendengarkan musik bisa membantumu fokus, apalagi kalau itu musik kesukaanmu, tentu saja bisa membuat pagimu lebih cerah! Bermain bersama peliharaan atau berbincang dengan keluarga juga hal yang baik. Pilihlah aktivitas yang membuatmu senang dan tidak membuatmu stres. Hari yang dimulai dengan menyenangkan akan membawa mood positif hingga seharian!

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk membuat pagimu jadi lebih berkualitas? Kunci untuk menjadi morning person adalah komitmen dan rutinitas. Usahakan memiliki rutinitas pagi yang harus ditepati, agar setiap harinya kamu bisa fokus dan produktif juga positif. Semangat menjalani hari!

You may also like