Kamu Suka Minum Teh Celup? Jangan Buang Ampasnya! Ini Loh, Beberapa Manfaat Dari Teh Celup Bekas.

by Ratna Marlina
“Kamu suka minum teh celup? Pasti setelah pakai langsung dibuang bekasnya. Padahal ternyata teh celup bekas masih bisa kamu manfaatkan, loh SahabatGrammar!”

Teh memang merupakan minuman yang digemari banyak orang di seluruh dunia. Tidak hanya rasanya yang enak, teh memberikan banyak khasiat bagi yang meminumnya, apa pun jenisnya. Kamu suka minum teh? Kebanyakan orang pasti lebih suka menggunakan teh celup dibandingkan teh tubruk karena lebih praktis. Biasanya kalau minum teh celup, pasti bekasnya nggak dipakai lagi.

Yaiyalah, masa mau dicelup lagi, kan sudah ga ada rasanya. Eits, jangan salah! Ternyata teh celup bekas pakai masih bisa kamu manfaatkan untuk beberapa hal lain, loh! Sampah dari teh celup ini ternyata memiliki banyak kegunaan. Apa saja , sih? Yuk, lihat!

1. Menyerap Bau

Teh terkenal dengan sifatnya yang menyerap bau. Nah, kamu bisa manfaatkan ini untuk tempat-tempat bau di rumahmu. Simpan saja teh celup bekas di kulkasmu agar baunya tetap segar. Kamu bisa meneteskan sedikit cairannya ke tempat sampahmu agar baunya tidak tersebar ke seluruh dapur. Selain itu kamu juga bisa meletakannya di kulkas ataupun lemari yang bau. Buat kamu yang punya kucing, kamu boleh mencampurkan teh kering ke litter box kucingmu untuk menghilangkan baunya.

2. Penyegar Ruangan

Tinggal letakan kantung teh di tempat-tempat yang kira-kira lembab, pengap atau apek selama beberapa hari. Dijamin setelah itu baunya akan jadi segar lagi. Kamu juga bisa meneteskan minyak aroma terapimu ke kantung teh bekas, kemudian menggantungnya di sekitar rumah. Kalau aromanya sudah memudar, tinggal tetes lagi.

3. Menghilangkan Bau Kaki

Seharian beraktivitas dengan sepatu pasti bisa membuat kakimu bau. Bagaimana tidak? Sepatu pasti akan lembap terkena keringat, apalagi kalau sudah kena hujan. Kalau sudah begitu, pasti kaki akan bau banget walaupun sudah cuci kaki sekalipun. Nah, teh celup bisa mengatasi ini! Kamu tinggal merendam kakimu dengan teh bekas yang dicelup ke air hangat selama 20 menit. Asam tannic yang terkandung pada teh berkhasiat antibakteri yang membuat kakimu bau. Selain itu zat ini juga berkhasiat anti-jamur. Kamu juga bisa meletakan kantung tehnya ke dalam sepatumu untuk menyerap baunya.

4. Menghilangkan Bau Mulut

Teh jenis apapun itu memiliki kegunaan antibakterial. Kamu tinggal merebus teh bekas, kemudian kumur-kumur dengan itu. Teh apa pun bisa, tapi teh peppermint dan teh hijau yang paling ampuh. Sifat antiseptik dan antibakteri akan membantu menghilangkan bakteri dalam mulut yang menyebabkan bau mulut. Kamu juga bisa menjaga kesehatan gusimu dengan ini.

5. Menghilangkan Kantung Mata

image credt: road2beauty.com

image credt: road2beauty.com

Seharian bertugas, melihat layar komputer atau laptop. Belum lagi matanya nempel di smart phone hampir 24/7. Hal ini membuat mata kamu lama kelamaan lelah, belum lagi kalau ditambah begadang. Lama-kelamaan mulai muncul lingkaran hitam di sekitar mata, yang membuat kamu jadi dipanggil ‘mata panda’. Nah, bekas teh celup ini bisa kamu manfaatkan untuk mengurangi pembengkakan pada mata. Mengurangi peradangan dan kelalahan sehingga mata kamu bisa segar kembali. Tinggal kompres mata dengan teh celup hangat ataupun dingin selama 20 menit.

6. Kecantikan Kulit

Ternyata teh banyak khasiatnya untuk kecantikan, loh! Kamu bisa menggunakannya sebagai scrub dengan menggosokannya pada kulit untuk menyingkirkan sel kulit mati, dan kotoran lainnya. Antioksidan dan sifat anti-inflamasi pada teh membantu mencerahkan dan membuat kulitmu bersinar alami. Teh hijau juga memiliki zat yang berkhasiat sebagai anti-aging daan antioksidan yang dapat membantu memperbaiki kulit dan elastisitas kulit. Tanda-tanda penuaan seperti kulit kendur, bintik-bintik usia, garis-garis halus dan kerutan, semua bisa dilawan dengan teh hijau. Kamu juga bisa membuat masker dengan teh yang bekas dipakai.

7. Menanggulangi Jerawat

Buat kamu yang suka jerawatan, ternyata teh hijau bisa menjadi solusimu! Teh hijau memiliki zat kateki yang membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Ternyata teh hijau efektif dan aman untuk mengobati jerawat ringan. Tinggal letakan kantung teh hangat di jerawat selama 10 menit untuk beberapa hari, maka jerawat akan mengecil dengan sendirinya. Hal ini juga bisa berlaku untuk kutil.

8. Membuat Rambut Berkilau

Membilas rambut dengan air teh setelah mandi bisa membuatnya menjadi lebih berkilau dan mudah diatur. Hal ini juga bisa mencegah rambut rontok. Buat kamu yang punya rambut lumayan terang, melakukan hal ini secara terus menerus bisa mengubah rambutmu menjadi warna pirang kecoklatan alami, loh! Gunakan saja teh celup bekasmu!

9. Mengatasi Gigitan Serangga

Teh hijau mengandung tanin dengan sifat anestesi zat dan ringan yang dapat membantu memerangi gatal dan nyeri. Kamu tinggal tepuk-tepuk teh celup yang sudah direndam di air hangat. Selain bekas gigitan serangga, hal ini juga bisa diterapkan untuk memar, bengkak, bisul dan sebagainya.

10. Mengusir Hama

Ternyata tikus, laba-laba, dan semut tidak suka bau yang dihasilkan oleh teh. Jadi, kamu bisa letakan kantung teh di tempat-tempat mereka biasa masuk. Dijamin, mereka pasti segan untuk datang. Selain itu kamu juga bisa menyemprotkan air teh yang sudah di rendam pada air dingin ke tanamanmu secara rutin. Hal ini bisa menghindarkan tanamanmu dari hama dan infeksi.

11. Mengobati Luka Bakar

Akhir-akhir ini udara panas dan matahari menyengat membuat kulit kita terbakar dan iritasi. Ternyata, teh bisa meringankan sakit akibat luka bakar baik terkena api maupun sinar matahari

12. Membersihkan Minyak

Di dapur pasti ada saja dinding yang kena cipratan minyak. Kamu bisa gunakan teh bekas untuk menghilangkannya. Tinggal teteskan atau lap permukaan yang terkena minyak dengan teh dan voila! Minyak akan hilang. Hal ini juga berlaku untuk lemak dan minyak pada piring. Hal ini juga berlaku pada wajah yang berminyak, loh!

13. Membersihkan Furnitur Kayu

Teh bisa membuat furnitur kayumu menjadi lebih kinclong dan bersih. Cukup gunakan lap yang sudah dicelupkan ke dalam air teh dingin untuk membersihkan permukaan kayu. Permukaan kayu tersebut akan terlihat lebih mengkilap. Untuk lantai kayu juga bisa.

14. Bumbu Tambahan pada Masakan

Ternyata kamu bisa gunakan daun teh untuk menambah cita rasa masakanmu! Terutama pada daging, kamu bisa memberikan rasa dan aroma yang enak. Cukup rendam daging dengan daun teh dan bumbu-bumbu lainnya. Daging akan memiliki tekstur lebih lembur dan kaya akan rasa. Wah, boleh dicoba tuh!

15. Pupuk Kompos

Buat kamu yang suka berkebun, ternyata teh juga bisa membuat tanamanmu menjadi lebih sehat. Selain bisa mencegah hama dan infeksi, teh celup bekas bisa digunakan untuk mempercepat proses dekomposisi. Pastikan kantung tehnya terbuat dari bahan yang bisa diuraikan. Jika tidak, gunakan tehnya saja.

Nah itu dia tadi beberapa hal yang bisa kamu lakukan dengan teh celup bekas. Ternyata teh punya sejuta manfaat, ya? Sayang banget kalau tidak digunakan secara maksimal. Jangan lupa, sebelum digunakan sebaiknya teh bekas diletakan di dalam kulkas untuk mencegah timbulnya jamur dan bakteri, dengan begitu bisa bertahan lebih lama. Selamat mencoba!

You may also like