Kamu Berencana Mengubah Karir Di Usia 30 Tahun? Nggak Ada Yang Mustahil, Coba Baca 4 Langkah Ini!

by Ratna Marlina
“Untuk hasil yang lebih optimal, coba bicarakan dengan psikolog atau pakar lain yang terpercaya. Dengan begini, kamu bisa mendiskusikan soal bakat, keterampilan, dan peluang yang ada di depan. Selamat berjuang dalam menggali potensi diri demi meraih karir yang paling sesuai bagimu.”

Hai, apakah kamu berusia hampir mendekati 30 atau tepat berusia 30 tahun? Pernahkah kamu menyesali pilihan karir yang dijalani ketika menginjak usia tersebut? Nah, kebanyakan orang memilih karir dan jurusan kuliah di masa muda.

Sebagai seseorang yang masih bertumbuh, terkadang kamu tidak mengetahui apa yang benar-benar diinginkan untuk menjalani hidup. Tidak heran, mungkin kamu baru menyadari hal tersebut ketika menginjak usia 30, di mana seharusnya mulai memikirkan keuangan keluarga dan lainnya.

Menurut penulis dan psikolog, Dr. Marcia Reynolds, perempuan akan selalu merefleksikan karir dan pilihan hidup mereka ketika ingin memasuki dekade hidup yang baru. Dan ketika memasuki usia 30 tahun, perempuan akan cenderung fokus pada kebahagiaan hidup jangka panjang, daripada mencari penghasilan yang lebih tinggi. Dan jika kamu termasuk kumpulan orang yang ingin melakukan perubahan karir ketika menginjak usia 30, hal ini bukan sesuatu yang mustahil. Seperti dilansir dari Marieclaire.com, berikut langkah-langkah yang harus diperhatikan!

 

1. Rencanakan Keuangan

photo credit: https://www.usnews.com

photo credit: https://www.usnews.com

Ketika menginjak usia 30, mungkin kamu harus mulai membuat komitmen dan rencana keuangan yang matang. Dan jika kamu ingin melakukan pinjaman, lakukan saat kamu masih menjadi karyawan di perusahaan yang lama. Biasanya, bank akan melihat riwayat gaji karyawan selama 3 tahun ke belakang.

 

2. Lakukan Penelitian

Jika kamu melihat semua blogger dan artis media sosial sekarang, ini akan menjadi sebuah motivasi untuk mengganti pilihan karir dan mengikuti passion dalam hidup. Namun, ketika memutuskan untuk menjalani pekerjaan yang kamu sukai, kamu harus mencari tahu apa yang benar-benar menjadi passionmu. Lakukan penelitian kecil tentang bidang yang kamu ingin geluti sebelum benar-benar memutuskan terjun ke dalamnya.

 

3. Jalin Networking Yang Kuat

Banyak orang yang malu dan enggan melakukan networking. Padahal, membangun jaringan adalah hal penting ketika kamu ingin membuka suatu kesempatan bisnis baru. Apalagi jika kamu membutuhkan jaringan untuk mengenalkan karir baru kepada dunia.

 

4. Kesuksesan Tidak Bisa Diraih Secara Instan

Mungkin ketika kamu membuat suatu bisnis baru, rencana proyek 2 tahun terlihat sangat lama untuk mencapai hasil. Namun ketika kamu mengerjakan dengan penuh semangat, lihat ke belakang dan cek apa yang telah kamu capai hanya dalam waktu 2 tahun.

 

Untuk hasil yang lebih optimal, coba bicarakan dengan psikolog atau pakar lain yang terpercaya. Dengan begitu, kamu bisa mendiskusikan soal bakat, keterampilan, dan peluang yang ada di depan. Selamat berjuang dalam menggali potensi diri demi meraih karir yang paling sesuai bagimu ya.

You may also like