Jaga Kesehatan Ya! Ini 5 Hal Yng Bisa Kamu Lakukan Supaya Tidak Terserang Flu Di Musim Pancaroba

by Ratna Marlina
Di musim pancaroba seperti ini, flu akan mudah menyerang siapa saja. Ini dia lima hal yang bisa kamu lakukan supaya tidak terserang flu, SahabatGrammar!

,SahabatGrammar, di musim pancaroba seperti ini, tentunya penyakit akan mudah menyerang tubuh kamu. Padahal, banyak sekali aktivitas yang membutuhkan tubuh yang sehat. Kalau kamu sakit, keseluruhan aktivitas yang kamu lakukan tidak akan bisa berjalan dengan baik. Mood kamu pun akan memburuk. Salah satu penyakit yang sering menyerang di kala pancaroba adalah flu. Iya. Penyakit ini banyak menyerang orang-orang yang kekebalan tubuhnya lemah. Meskipun bukan termasuk kategori penyakit ‘berbahaya’, ketika kamu mengalami flu, maka aktivitasmu akan terhambat.

Nah, berikut merupakan beberapa cara untuk setidaknya menghindari terkena flu!

1. Makan makanan bergizi

 

image credit: healthfirst.com

image credit: healthfirst.com

Salah satu hal yang membuat kamu mudah terserang flu, adalah karena sistem imun kamu lemah. Nah, salah satu cara untuk menanggulangi hal tersebut adalah dengan perbanyak makan buah dan sayur. Tentunya, hal ini akan sejalan dengan visi kamu yang sedang dalam program diet.

“Eugh, tapi aku nggak suka sayur.”

Apakah kamu tipe orang yang tidak suka makan sayur? Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan perbanyak makan buah. Atau, pilihlah sayur yang masih bisa kamu toleransi untuk kamu konsumsi. Toh, buah dan sayur akan menyehatkan tubuh kamu.

2. Tidur yang cukup

 

image credit: i.ytimg.com

image credit: i.ytimg.com

Siapapun kamu, pasti setuju kalau hal ini adalah hal yang sulit dilakukan. Apalagi bagi seorang pekerja kantoran atau mahasiswi. Tidur yang cukup di malam hari semacam menjadi suatu hal yang langka. Akan tetapi, sebaiknya usahakan untuk mendapatkan tidur yang cukup meskipun kamu sedang dikejar deadline tugas. Lagipula, dengan tidur yang cukup, kamu akan menjadi lebih bersemangat di keesokan harinya.

3. Olahraga

 

image credit: i.huffpot.com

image credit: i.huffpot.com

Tidak dapat dipungkiri, olahraga menjadi satu hal yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh kamu. Kamu bingung mau olahraga apa? Jangan khawatir. Cobalah olahraga-olahraga sederhana yang kamu sukai. Kamu bisa melakukan jogging keliling kompleks atau bersepeda. Oh, kamu tipe orang yang suka banyak bergerak. Kamu bisa melakukan senam ataupun zumba. Yang mana saja, yang penting kamu betah menjalaninya.

4. Jaga selalu kebersihan lingkungan sekitar kamu

 

image credit: thaicleaningservice.com

image credit: thaicleaningservice.com

Tentunya, menjaga kebersihan lingkungan, baik itu rumah maupun tempat kerja, menjadi penting. Kamu tidak akan pernah tahu adanya virus yang menempel di sekitar kamu. Jadi, lebih baik kamu berjaga-jaga dengan selalu memastikan bahwa lingkungan sekitar kamu bersih. Dengan demikian, kamu tidak akan mudah terserang virus penyakit.

5. Manajemen stres

Ternyata, ketika kamu sedang stres, ada kemungkinan menurunkan sistem imun kamu. Penurunan sistem imun pada akhirnya akan membuat kamu mudah terserang penyakit. Flu pun menjadi salah satu penyakit yang akan mudah menyerangmu. Kebalikannya, jika kamu bisa melakukan manajemen stress dengan baik dan juga selalu tenang menghadapi masalah yang kamu hadapi, kamu tidak akan mudah terserang flu. Jadi, usahakan untuk selalu menjaga emosi kamu supaya tidak stres ya, SahabatGrammar.

Nah, SahabatGrammar. Demikian beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghindari flu. Tentunya, menjaga tubuh kamu utuk tetap sehat menjadi tanggung jawab dari diri kamu sendiri. Kamu jugalah yang bisa mengatur pola makan dan juga tidur yang kamu miliki. Setidaknya, dengan usaha-usaha kamu tetap menjaga pola hidup sehat, kamu tidak akan mudah mengalami sakit. Sehingga, keseluruhan aktivitas yang harus kamu lakukan tidak akan terhambat. Tetap sehat dan semangat ya!

You may also like