Inilah Cara Membuka Chat Whatsapp yang Terkunci pada Ponsel

by Ratna Marlina
Inilah Cara Membuka Chat Whatsapp yang Terkunci pada Ponsel

Informasi terkait cara membuka chat Whatsapp yang terkunci yang ada di suratkabar.id juga perlu diketahui oleh seluruh pemilik ponsel yang menggunakan aplikasi WA. Jadi, jika peristiwa ini sudah terlanjur terjadi, maka pengguna bisa tinggal menerapkannya. Tujuannya agar chat bisa kembali muncul dan kembali bisa dibaca.

Untuk itu, di artikel berikut ini akan diinformasikan cara termudah untuk mengatasi chat WA yang tidak bisa dibuka karena terkunci oleh sistem. Jadi, silahkan ikuti cara-cara ini dari awal sampai akhir. Apalagi jika ingin data chat penting tidak hilang selamanya dan ini cara yang paling mudah tersebut:

1. Buka Pengaturan di Ponsel Android

Untuk mengembalikan data chat WA yang terkunci pengguna harus membuka fitur Pengaturan yang merupakan fitur bawaan dari ponsel android. Biasanya fitur ini ditandai dengan ikon roda bergigi atau ikon tiga garis yang berada di kanan atas layar. Silahkan klik ikon tersebut jika ingin masuk ke menu Pengaturan.

Setelah itu, pengguna dapat memilih opsi Apps. Ini artinya pengguna sedang berencana untuk melakukan pengaturan pada aplikasi tertentu yaitu aplikasi Whatsapp. Hal ini karena memang data yang ingin dikembalikan adalah data chat WA.

2. Langsung Klik Applock

Terkadang chat WA terkunci karena aplikasi ini dinonaktifkan oleh aplikasi Applock. Jadi, untuk mengembalikan chat tersebut silahkan lakukan langkah pertama, lalu cari aplikasi Applock. Bisa dipastikan di kala itu aplikasi ini memang sedang terbuka.

Kalau aplikasi Applock sudah muncul, maka pengguna dapat menonaktifkan aplikasi tersebut. Caranya pengguna tinggal mengklik saja aplikasi tersebut. Lalu kemudian, silahkan masuk ke langkah-langkah yang selanjutnya.

3. Nonaktifkan Applock Sementara Waktu dengan Klik Force Stop

Cara membuka chat Whatsapp yang terkunci berikutnya adalah pengguna langsung mencari aplikasi Applock (cara 2). Jika sudah muncul, silahkan klik aplikasi tersebut. Lalu, nantinya pengguna akan melihat dua pilihan fitur yang berada di bagian bawah. Salah satunya adalah fitur Force Stop.

Oleh karena bertujuan untuk menonaktifkan aplikasi sementara waktu, maka silahkan klik Force Stop yang posisinya ada di sebelah kanan. Nantinya, ikon akan hilang dari perangkat android. Jadi, data chat aplikasi WA yang terkunci oleh aplikasi Applock bisa kembali ditemukan.

4. Buka Aplikasi Whatsapp

Kalau cara 1 sampai 3 telah dijalankan dengan sempurna, maka langkah berikutnya adalah pengguna silahkan membuka aplikasi Whatsapp di android. Setelah itu, buka chat yang terkunci lalu lihatlah apakah chat tersebut sudah muncul atau belum. Jika sudah muncul, maka pengguna bisa kembali membuka chat yang terkunci pada ponsel yang dimilikinya.

5. Ulangi Proses

Biasanya kalau caranya benar data chat WA maupun data chat GB Whatsapp seharusnya sudah muncul di dalam aplikasi Whatsapp. Jika chat belum juga bisa dibuka, kemungkinan ada yang salah dalam prosesnya atau Applock benar-benar masih aktif dan mengunci aplikasi WA. Untuk itu pengguna harus mengulangi lagi prosesnya sampai berhasil. Jadi, pengguna bisa kembali membaca atau mengirimkannya kembali ke teman.

Demikianlah beberapa cara membuka chat Whatsapp yang terkunci yang harus dicoba ketika aplikasi WA sedang bermasalah. Pengguna harus mengusahakan semua cara di atas untuk dilakukan dengan benar dan tidak ada satupun cara yang terlewatkan. Jadi, tidak perlu mengulangi prosesnya. Untuk lebih memastikan, pengguna juga bisa melakukan restart setelah melakukan langkah-langkahnya. Jika ponsel sudah kembali menyala, silahkan cek kembali aplikasi WhatsApp yang apa pada ponselnya.

You may also like