Inilah Berbagai Macam Kategori AC Split Beserta Kelebihannya

by Ratna Marlina
Inilah Berbagai Macam Kategori AC Split Beserta Kelebihannya

Sebagai pemilik rumah baru, terkadang bingung untuk memilih jenis ac seperti apa yang cocok serta ramah lingkungan. Salah satu jenis AC yang sering digunakan adalah AC Split. AC ini memiliki beberapa keunggulan yang membuat rumah tidak hanya sebatas dingin saja.

Namun, tahukah bahwa AC ini terdiri dari beberapa macam kategori? Agar bisa memilih AC yang tepat, pemilik rumah perlu mengetahui dan memahaminya macam serta kelebihannya. Penasaran apa saja itu? Simak uraian berikut:

Macam-Macam AC Jenis Split

Beberapa macam AC Split bisa dijumpai di toko khusus AC atau keperluan rumah tangga lain. Bagi yang tidak terlalu mengerti elektronik akan sedikit kebingungan memilihnya. Berikut macam atau kategori AC berjenis Split yang perlu diketahui:

1. Standard

Macam AC jenis Split yang pertama adalah AC Standard. AC ini dapat membuat ruangan lebih cepat dingin. Karena memerlukan tarikan listrik yang besar pada pertama kali dinyalakan, AC standard termasuk golongan AC yang boros listrik.

2. Inverter

Jika mencari AC hemat energi dan ramah lingkungan, AC Inverter jawabannya. Kategori ini sedang populer di masyarakat karena tidak memakan banyak daya ketika digunakan. Walau memakai listrik yang lebih sedikit, AC dengan teknologi canggih ini dapat diadu kemampuannya dalam membuat ruangan cepat dingin.

3. Low Watt

Dan kategori atau macam yang terakhir adalah Low Watt. Sesuai dengan namanya, AC ini memakan daya listrik yang jauh lebih sedikit dibandingkan kategori lainnya. Namun, yang menjadi kelemahan adalah kemampuan AC untuk membuat ruangan dingin cenderung memakan waktu yang lebih lama.

Kelebihan Menggunakan AC Split Di Rumah

Penggunaan AC dengan jenis split di rumah-rumah modern sudah menjadi hal yang wajar. Mengapa disebut split? Hal ini dikarenakan AC memiliki dua komponen, yaitu bagian dalam dan luar.

Bagian luar AC biasanya berguna sebagai kipas penggerak mesin yang mengeluarkan udara panas. Jika menggunakan AC jenis ini, pemilik rumah bisa merasakan beberapa kelebihannya, yaitu:

  • Lebih hemat listrik. Banyak orang yang ragu untuk menggunakan AC sebagai pendingin ruangan rumah karena penggunaan listrik yg tinggi. Namun jangan khawatir, dengan menggunakan AC Inverter dapat menghemat biaya listrik yang dikeluarkan.
  • Bentuk yang sederhana. AC jenis ini memiliki model perangkat indoor yang sederhana dan bisa ditempel pada dinding sehingga tidak memakan tempat.
  • Cepat mendinginkan suhu ruangan dan dapat dikendalikan dari jauh. AC jenis ini memang sudah tak diragukan lagi dalam membuat suhu ruang cepat dingin. Ditambah dapat diatur melalui jarak jauh bahkan smartphone, menambah keunggulan dari AC ini.

Itulah beberapa macam AC Split beserta kelebihannya. Selain Split, terdapat juga AC Multi Split atau AC Multi S yang memiliki keunggulan hampir sama. Kedua jenis ini cocok digunakan pada perumahan karena termasuk dalam AC ramah lingkungan.

 

You may also like