Ingin Pindah Hosting? Perhatikan 5 Hal Ini Terlebih Dahulu

by Ratna Marlina
Pindah Hosting

Beberapa orang saat ini beranggapan bahwa pindah hosting bisa memberikan mereka pengalaman yang lebih dalam berselancar di dunia maya. Memang pendapat tersebut terkadang benar, namun juga terkadang harus dikaji terlebih dahulu. Lalu, bagaimana caranya agar kita masih bisa sukses meski nantinya ingin pindah hosting? Apakah akan terjadi kendala yang tidak diinginkan ke depannya?

Hal ini sebenarnya sangat tergantung pada jenis hosting website yang akan menjadi tempat pindah tujuan. Namun, beberapa kasus mengatakan migrasi situs yang sudah pernah terjadi mayoritas menunjukkan karakteristik pertumbuhan sebuah visibilitas setelah proses perpindahan hosting terjadi. Hal tersebut tentu saja bergantung pada jenis migrasi yang sudah disertai dengan peningkatan siginifikan pada kecepatan waktu loading.

Baca juga : Hosting murah Gratis Domain di sini

Jadi, bagi Anda yang tetap ingin pindah hosting, berikut adalah lima hal yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu:

Mencari Spesifikasi Hosting yang Mumpuni

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk pindah hosting adalah mencari tahu spesifikasi hosting mumpuni yang Anda butuhkan. Bagaimanapun juga, spesifikasi hosting yang Anda pilih akan menentukan performa website yang ada nantinya. Selain itu, Anda juga perlu mencari tahu apakah hosting tersebut memiliki spesifikasi server hardware terbaru demi performa yang maksimal.

Bagaimanapun juga, server hardware terbaru pada hosting akan memberikan performa yang jauh lebih baik dibandingkan hardware lama yang digunakan pada hosting. Anda juga perlu mencari tahu kualitas koneksi jaringan hosting yang akan dipilih. Seperti yang Anda ketahui bahwa jaringan akan sangat berpengaruh pada kecepatan loading suatu website.

Sebagai tambahan informasi, layanan hosting dengan spesifikasi mumpuni yang tepat akan memberikan banyak keuntungan pada Anda. Contohnya ialah penghematan waktu dan tenaga dalam mengelola sebuah website.

Mencari Tahu Fitur Tambahan Hosting

Setiap hosting yang ditawarkan pasti memiliki beberapa fitur tambahan untuk memaksimalkan performa website. Hal ini tentu saja merupakan salah satu hal pokok yang wajib Anda ketahui. Dengan begitu, Anda bisa menentukan kira-kira hosting mana yang cocok untuk Anda pilih. Anda juga perlu memastikan bahwa hosting yang Anda pilih sudah memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan website Anda sendiri.

Jadi, bagi Anda yang ingin pindah hosting, pastikan bahwa hosting tujuan Anda sudah memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan website Anda. Yang pasti, setiap website memiliki tipe dan konten yang berbeda, maka sudah pasti kebutuhannya juga berbeda. Sebelumnya, Anda perlu mencatat terlebih dahulu kebutuhan utama yang ada pada website, setelah itu bandingkanlah kebutuhan tersebut dengan penyedia hosting yang sudah menjadi target tujuan.

Memiliki Layanan Support Hosting 24 Jam

Selain itu, Anda juga perlu memiliki layanan pendukung hosting yang dapat diandalkan selama 24 jam. Bagaimanapun juga, poin ini adalah salah satu acuan yang perlu Anda pertimbangkan jika memang ingin pindah hosting. Jadi, saat website sedang bermasalah, Anda memiliki kontak pada penyedia layanan hosting yang bisa dihubungi terkait dengan masalah yang terjadi.

Pastikan juga layanan tersebut tersedia selama 24 jam karena kendala dan downtime bisa terjadi kapan saja. Pihak yang mengakses website Anda sendiri juga bisa mengaksesnya kapan saja. Jadi, jangan lupa untuk menemukan layanan support hosting yang bisa dihubungi dan membantu Anda kapan sana dan di mana saja selama 24 jam / 7 hari.

Memiliki Garansi Layanan Hosting

Seperti yang kita ketahui bahwa garansi merupakan hal penting yang perlu kita tahu sebelum menggunakan layanan atau membeli produk apa pun itu. Hal ini juga berlaku untuk pembelian layanan hosting. Anda bisa mencari tahu garansi uptime server yang dapat diberikan oleh layanan hosting melalui orang lain yang sudah menggunakan layanan hosting tersebut. Anda juga bisa menemukannya dari internet atau beberapa testimonial dari sumber lainnya.

Sebelumnya, Anda tentu saja perlu memilih layanan hosting yang memiliki waktu uptime server yang tinggi dan berkualitas tinggi. Anda juga perlu mencari tahu garansi uang kembali dan juga garansi kepuasan ketika ingin pindah hosting.

Memiliki Perlindungan Keamanan Data

Perlu Anda ketahui bahwa sebagian besar layanan hosting saat ini sudah dilengkapi dengan keamanan standar yang harus siaga terhadap malware dan juga spam. Bagi Anda yang ingin pindah hosting, jangan lupa untuk memastikan apakah layanan share hosting Anda memiliki tingkat perlindungan keamanan data yang tinggi atau tidak.

Jangan lupa untuk memilih hosting yang benar-benar memberikan website Anda pengamanan super ekstra agar file dan konten yang ada pada website terjamin keamanannya. Jadi, jangan sampai menyepelekan hal penting yang satu ini ya!

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika ingin pindah hosting. Yang pasti, carilah layanan hosting yang memiliki fitur lengkap dengan berbagai macam kebutuhan website Anda yang bisa terpenuhi.

You may also like