Ingin Mendapatkan Uang Ekstra Selama Bulan Puasa? Ini Loh 7 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Diluar Aktivitasmu Sehari-Hari

by Ratna Marlina
Bulan puasa akan menjadi ajang untuk kamu bisa menambah berkah. Dan kenapa tidak juga kamu menambah uang extra selama bulan puasa ini. Nggak harus ribet, ada 7 hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menambah uang extra selama bulan puasa loh.

Kamu pasti tahu, bulan puasa ini selain penuh berkah, akan menjadi peluang untuk usaha terutama usaha kuliner. Namun untuk kamu yang nggak bisa masak atau mungkin waktu terbatas, bukan berarti kamu nggak bisa menambah penghasilan loh di bulan penuh hikmah ini.

Ada 7 hal yang bisa kamu lakukan untuk menambahkan penghasilan kamu. Baik dengan modal di awal atau bahkan untuk kamu yang nggak punya modal, ini yang bisa kamu lakukan.

1. Bisnis Kue Kering

Kue kering pastinya menjadi tradisi Lebaran. Bahkan beberapa kue menjadi menu wajib yang identik dengan Lebaran, seperti Kastengels, Kue Putri Salju, Nastar, Lidah Kucing, dan lain-lain. Kamu bisa menjadikan ini bisnis kamu. Dan kamu nggak harus membuatnya sendiri untuk kamu jual. Cukup kamu bekerjasama dengan tukang kue langganan favorit kamu. Tawarkan jasa kamu untuk memasarkan produknya. Dan jangan pernah meremehkan kekuatan marketing sosial media kamu. Kamu pasti memiliki teman dan networking sendiri yang nggak dipunya si penjual. Jadi kamu bisa menghasilkan uang tambahan dari sini.

photo credit: Google

photo credit: Google

2. Bisnis Kue-kue untuk Buka Puasa

Sama dengan kue kering, kamu nggak usah membuatnya sendiri. Kalaupun kamu memutuskan untuk membuatnya, tentunya kamu bisa irit modal, namun memiliki resiko barang tidak terjual. Perhatikan lingkungan di sekitar rumahmu. Adakah yang berjualan menjelang waktu buka puasa? Biasanya beberapa kompleks perumahan besar akan dengan sengaja membuka bazaar makanan selama bulan puasa, untuk membantu dan memasarkan makanan bagi warganya.

Manfaatkan kesempatan ini. Kebanyakan pekerja akan nggak ada waktu untuk membuat makanan dan minuman berbuka puasa. Kamu bisa bekerjasama dengan orang rumah untuk membantumu. Dan lagi, siapa tahu kamu malah mendapatkan pelanggan baru yang bisa membantumu meringankan beban rumah tangga dengan berdagang makanan,

3. Bisnis Sambal

Salah seorang sepupu saya memutuskan untuk menaruh resep rahasia keluarga tentang sambal dalam kemasan botol dan memberikan lebel atas namanya. Ada 7 jenis resep sambal yang ia jual dan menurut saya ini adalah idenya yang super cerdas. Selama bulan puasa, kamu pasti akan terganggu dengan rutinitas sahur dan bekerja, dan menyiapkan makanan. Kenapa tidak kamu memanfaatkan hal ini dengan menjual sambal dalam kemasan yang jelas sangat membantu banget untuk mereka yang memiliki keterbatasan waktu untuk masak.

Sama, Sahabat Grammar. Kamu bisa mengambilnya dari orang lain dan membantu memasarkannya, atau kamu malah promosi karyamu sendiri. Bisnis makanan nggak akan pernah rugi di bulan puasa kalau memang produk jualanmu enak.

photo credit: Google

photo credit: Google

4. Mukena, sarung, hijab, tasbih dan pakaian Muslim

Salah satu tradisi yang nggak bisa kamu hindari adalah pengadaan mukena baru, sarung baru, tasbih, hijab maupun pakaian muslim. Entah untuk dibagi-bagikan, atau kamu kenakan sendiri, kamu bisa loh menjadikan hal ini ladang bisnis untukmu. Apalagi kalau kamu senang berjalan-jalan ke daerah Tanah Abang atau Mangga Dua, dijamin kamu akan bisa mendapatkan harga miring.

Tetap sama dengan yang di atas, kamu bisa minta membantu memasarkannya, atau kamu jadikan bisnis untukmu sendiri dengan menawarkan relasi, om dan tante kamu, hal-hal yang biasanya mereka lakukan ini untuk kamu yang mengerjakannya dan mencari barang. Adalah hak kamu untuk menambahkan harga dari harga aslinya sebagai keuntungan kamu berdagang.

5. Makanan kotak atau Prasmanan

Akan ada banyak sekali kegiatan untuk berbuka puasa bersama selama bulan puasa. Nah kamu bisa menawarkan paket katering dadakan yang pasti dibutuhkan karena ada suguhan biasanya berupa nasi kotak untuk anak-anak panti asuhan yang diundang, atau sekedar untuk dibagi-bagikan dalam rangka “Sahur on the road” beberapa komunitas bersama.

Cari peluang ini, gunakan kesempatan yang ada untuk memaksimalkan potensi kamu dalam memasarkan dan mencari uang tambahan. Kamu bisa bekerjasama dengan catering tertentu dan lain-lain.

6. Sembako

Akan banyak sekali teman-teman atau relasi kamu yang memanfaatkan bulan penuh hikmah ini dengan bersedekah sebanyak-banyaknya. Biasanya akan ada paket sembako yang dibuat sendiri dan dibagi-bagikan untuk kaum Dhuafa, anak yatim dan mereka yang membutuhkan.

Kamu malah bisa menggalang dana di sini. Ajaklah teman sekantor kamu untuk bersedekah dan tentukan satu paket sembako isinya apa saja dan harganya berapa. Pembelian grosir tentunya akan mendapatkan harga diskon. Nah kamu bisa memanfaatkan harga diskon ini sebagai keuntunganmu, dan kerja kerasmu. Kamu bisa bekerjasama dengan toko-toko yang berjualan sembako di pasar agar mendapatkan harga murah dan sudah dibantu paketan.

photo credit: Google

photo credit: Google

7. Bazaar

Akan ada banyak bazaar dimanapun. Dan yang dijualpun bervariasi dari makanan sampai bahan pakaian. Kamu bisa memilih untuk melakukannya di mana dan kapan, agar tidak mengganggu waktu kerjamu. Kerahkan orang rumah, dan minta restu serta dukungan orangtua kamu agar bulan puasa kali ini malah bertambah berkah.

Nah, kamu juga bisa membuat bisnis parcel dengan memanfaatkan kenalan atau orang-orang disekelilingmu untuk berjualan atau malah menjadikan mereka pembeli. Kebutuhan akan hal ini menjadi banyak loh, tinggal kamu saja yang mau atau tidak memanfaatkan peluang.

Selamat menunaikan ibadah puasa Sahabat Grammar! Semoga di bulan penuh hikmah ini membawa berkah bagi kita semua.

You may also like