Ingat! Hindari 5 Hal Berikut Ini Kalau Kamu Tidak Ingin Dicap “Boring” Saat Kencan Pertama

by Ratna Marlina

Kencan pertama boleh dibilang moment yang sangat penting. Momen ini yang akan menentukan apakah hubungan kamu terus berlanjut atau malah tidak akan ada chat atau telepon lagi dari si dia.

Selain tampilan luar yang menarik, inilah kesempatan kamu untuk lebih mengenal pribadi masing-masing. Siapkan obrolan dengan topik-topik menarik, dan perhatikan juga cara penyampaian, jangan sampai muncul kesan “boring” alias membosankan. Berikut hal-hal yang harus dihindari agar obrolan di kencan pertama tidak membosankan.

1. Selalu Menunggu Untuk Ditanya Atau Menjawab Sekenanya.

Mungkin kamu bermaksud untuk terihat cool atau calm. Atau memang pembawaan aslimu memang pendiam. Tapi cobalah untuk menanggapi sedikit pertanyaan yang dilontarkan oleh pasangan dengan bertanya balik atau sedikit bercerita, bukan hanya dengan jawaban-jawaban sekenanya. Dengan menanggapi pertanyaannya, lawan bicaramu akan merasa dihargai selain itu suasana juga akan semakin hangat. Ingat loh, Ini adalah obrolan, bukan interview kerja.

2. Menunjukkan Kalau Kamu Tidak Punya Passion Di Bidang Apapun.

Bermaksud jujur atau bersikap apa adanya memang hal yang baik, tapi untuk urusan kencan pertama kamu harus jeli membedakan mana sikap apa adanya yang baik untuk disampaikan mana yang tidak. Cobalah untuk berpikir lebih dalam lagi agar obrolan kalian lebih hidup. Dan ketahuilah setiap jawaban dalam kencan pertama adalah penilaian untukmu, hehe. Saya pernah mengalami percakapan yang membuat saya sedikit merasa waktu berputar lebih lama, begini potongan percakapannya :

A : “Kamu kemana besok?”

B : “Gak kemana-mana, mau tiduran aja dikamar seharian sambil dengerin musik”

A : “Oh, gak jalan atau ke rumah saudara ?”

B : “Gak ah, males.”

Apa yang ada dipikiran kalian saat membaca jawaban-jawaban dari percakapan diatas? Saya saat itu berpikir bahwa lawan bicara saya adalah orang yang tidak bersemangat menjalani hidup dan tidak suka bersosialisasi. Dalam kasus ini lawan bicara saya adalah laki-laki. Menurut saya harusnya selalu semangat dan harus bisa beradaptasi di mana pun mereka berada. Kalau di kehidupan sehari-hari saja tidak semangat, bagaimana nanti saat punya pasangan, bertemu dengan keluarga perempuan dan segudang pemikiran ke depan bergeliat di pikiran saya.

3. Terlalu Semangat Menceritakan Tentang Diri Sendiri

Punya prestasi sebagai best employee atau hal membanggakan seperti baru membeli mobil sendiri bisa jadi salah satu nilai plus kamu di mata pasangan kencanmu, namun jika cara dan waktu penyampaiannya tidak tepat hal tersebut dapat jadi boomerang buat kamu sendiri. Jika kamu mempunyai sejumlah hal yang membanggakan, seperti tidak perlu khawatir jika pasangan kencanmu tidak akan mengetahui itu. Justru jika berbicara tentang dirimu terus-menerus, si dia malah akan bosan dan menganggap kamu egois atau sombong. Apalagi jika membicarakan masalah-masalah yang kamu alami dengan nada mengeluh. Cukup jadi pendengar yang baik, bicarakan hal yang memang terkait topik obrolan. Dan berikan sedikit perhatian. Hal-hal itu malah akan membuat dia jadi lebih tertarik dan penasaran, dengan sendirinya dia pun akan mencari tahu tentang kamu.

4. Mengomentari Tentang Fisik

Persiapan kencan pertama yang diidam-idamkan pasti dilakukan secara matang. Semua outfit terbaik disiapkan demi mendapat kesan positif dimata pasangan. Lalu bagaimana jika kamu melihat penampilan si dia kurang menarik atau rambutny kurang rapih saat dinner? Atau di era media sosial seperti sekarang, bukan hal baru jika ada pasangan yang sebelumnya hanya berinteraksi lewat media sosial, dan kencan pertama merupakan pertama kali pula mereka bertemu secara langsung. Hindari komentar-komentar mengarah ke penampilan yang kurang rapih, atau mengarah ke fisik seperti “kamu terlihat lebih gendut.” Alih-alih akan ada kencan kedua atau ketiga, bisa jadi kencan pertamamu pun akan terasa dingin dan hambar.

5. Terlalu Serius

Keseriusan bisa jadi menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang dewasa dan tegas. Namun tidak ada orang yang tidak suka humor. Dalam pidato sekali pun ada aturan yang membolehkan untuk menyelipkan humor, yang tentunya disesuaikan dengan tempat dan pembicaraannya. Apalagi di saat kencan, di mana orang di hadapanmu ini merupakan kandidat yang kelak berpotensi jadi pendamping hidupmu di tiap hari. Kalau kamu memang tipe orang yang serius dan tidak suka banyak bercanda, cobalah menonton film komedi atau cari topik lucu yang sedang diminati saat ini. Meme lucu di social media atau quotes-quotes lucu bukan hal yang sulit ditemukan bukan? Coba tunjukan saja beberapa untuk membangun kehangatan dan membuat senyum kecil di wajah si dia. Kalau kamu cukup berani sih, coba sampaikan atau ceritakan pengalamanmu yang lucu, tapi kalau kamu bukan penyampai cerita yang baik jangan lakukan di kencan pertama untuk coba-coba keahlian baru kamu tersebut. Bisa jadi malah “garing”.

Tentunya sikap baik yang kita tunjukkan bukan hanya kepentingan kencan pertama semata, namun sebagai langkah awal untuk belajar menghargai pasangan agar hubungan kalian lebih manis. Hal terpenting yang harus diingat adalah jadilah dirimu sendiri dan hargai orang disekitarmu. Semoga bermanfaat.

You may also like