Fakta Lain Tembakau Sebagai Pengobatan Herbal

by Ratna Marlina
Tembakau

Tembakau merupakan bahan utama pembuatan rokok. Selain itu ada beberapa manfaat dari tembakau yang dapat dipakai bahan untuk obat herbal.

Tumbuh di ketinggian 1 sampai 2 meter, melalui budidaya tembakau tumbuh sepanjang tahun dan termasuk tanaman herbal. Nicotiana Otophora, Nicotiana tomentosiformis dan Nicotiana stylverstis beberapa jenis tembakau lainnya.

Semua bagian tembakau mengandung nikotin terkecuali bijinya, jenis tanah, faktor spesies dan iklim tempat dimana tembakau tersebut ditanam yang membedakan konsentrasi dari tembakau.

Berikut adalah kandungan nikotin yang terdapat dalam tembakau:

  • Bunga 5%
  • Batang 18%
  • Akar 13%
  • Daun 64%

Para ahli kesehatan mempercayai bahwa tanaman tembakau bisa digunakan sebagai obat herbal dan dapat mengobati penyakit, diantaranya:

1. Flu dan Batuk

Leptotaenia multifida dicampur dengan tembakau dapat membantu untuk mengobati batuk dan flu, selain itu jika dicampur dengan akar balsam India bisa juga digunakan untuk penyakit TBC dan Asma.

2. Obat Penyakit Mental

Journal of American Medical Association mengatakan orang-orang yang menderita gangguan mental seperti skizofrenia, ADHD/ADD dan gangguan lainnya bisa mendapatkan efek positif dari merokok. Jangka pendek normalisasi aktivitas listrik pada otak dimiliki nikotin.

3. Obat Eksim, Reumatik dan Ruam Kulit

Dengan cara mengompres bagian terkena penyakit, tembakau dapat mengobati penyakit kulit seperti reumatik, ruam kulit dan eksim. Diolah dengan cara ditumbuk hingga halus, lalu dibalurkan merata pada bagian tubuh yang luka atau yang terkena penyakit. India menggunakan metoda ini selama bertahun-tahun lamanya.

4. Sakit Gigi

Membalurkan daun tembakau ke bagian yang bengkak dapat meredakan sakit gigi. Tumbuk sampai halus lalu dibalurkan ke bagian yang bengkak tersebut.

5. Anti Radang

Proyek yang bertajuk “Pharma-Planata yang dipimpin Profesor Mario Pezzeotti dari Universitas Verona dihadiri beberapa lembaga penelitian Eropa. Memproduksi interleukin 10 (IL-10) hasil dari tembakau transgenik adalah cytoine anti radang yang merangsang sel-sel kekebalan tubuh supaya aktif dan mampu memproduksi protein.

6. Digigit Ular Berbisa dan Serangga

Kandungan nikotin dalam tumbuhan tembakau dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan juga membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh selain itu juga dapat menyembuhkan gigitan bisa ular.

7. Pasta Gigi

Tembakau dapat dijadikan sebagai pasta gigi, yaitu daun ditumbuk dahulu sampai halus, lalu digosokan ke seluruh bagian gigi, orang jaman dulu biasanya mengkonsumsi daun tembakau didalam campuran pinang dan sirih. Selain dikonsumsi juga biasanya tumbukan daun tembakau digosokan ke seluruh bagian gigi. Campuran tersebut terbukti dapat membersihkan dan membuat gigi kuat walaupun usia mereka telah lanjut usia.

8. Menghasilkan Protein Antikanker

Replikasi protein dari manusia ke daun tembakau telah dilakukan oleh Pusat Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), hasil dari penelitian tersebut diaplikasikan untuk kanker mulut rahin dan stem cell.

10. Obat HIV/AIDS

Menurut penelitian tambakau dapat menghasilkan protein untuk obat human immunodeficiency virus (HIV) yang menyebabkan AIDS disebut griffithsin. Yang membedakan adalah justru bukan tembakaunya yang menghasilkan protein namun virus dari tembakau yang menghasilkan protein tersebut.

 

Manfaat lain dari tembakau selain dibuat rokok

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kian pesar dan tembakau sebagai bagian dari bahan penelitan dalam beberapa tahun kebelakang. Dalam bioteknologi dan ilmu tanaman penelitian tentang manfaat tembakau semakin menunjukan pada kemajuan signifikan. Bidang ilmiah, seperti bidang fitopatologi, genetika, nutrisi, pertumbuhan tanaman dan fotosintesis kerap menjadikan tembakau sebagai bahan penelitian.

Berikut adalah beberapa manfaat tembakau dikutip dari fokusjabar.id :

1. Bahan Bakar Ramah Lingkungan

Biofuel atau bahan bakar nabati diolah dari banyaknya penelitian dari tembakau, diteliti pada sektor lingkungan dan fokus terhadap energi ramah lingkungan atau energi hijau.

Salah satu pengamatan varietas tembakau dipilih lalu dimodifikasi secara genetik supaya volume biji tembakau dan minyak meningkat. Biofuel pada dasarnya merupakan minyak yang dihasilkan dari biji tembakau.

Biofuel dari tembakau sebagai alternatif bahan yang ramah lingkungan dapat mengurangi emisi CO2 kurang lebih 75% lebih besar dibandingkan dengan bahan bakar fosil.

2. Mempercepat Produksi Vaksin

Produksi vaksin mengalami perkembangan yang luas terhadap manfaat dari tembakau, mengatakan tembakau memiliki antigen setara dengan virus influenza dan dapat dijadikan vaksin. Pembuatan vaksin dengan antigen dari tembakau lebih cepat dibandingkan dengan pembuatan vaksin dari virus influenza dengan membutuhkan waktu satu bulan.

3. Membersihkan Polusi Senyawa Peledak

Penelitian Bioteknologi dari Universitas Cambridge mengatakan bahwa tembakau dapat membersihkan tanah dari senyawa pendek, dan dikenal sebahai polutan reraktori yang susah dihilangkan.

4. Sumber Protein Nabati

Jenis Nicotiana tabacum memiliki sumber protein Nabati, menurut hasil penelitian yang dilakukan ahli kimia dan agronomi mengatakan bahwa tembakau merupakan sumber protein yang unik, karena mudah diproses dan dapat dimanfaatkan menjadi pestisida, makanan manusia, pakan ternak dan pembuatan kosmetik.

Tembakau dapat ditanam serta dikembangkan sebanyak empat kali hal tersebut merupakan hasil dari penelitian kesehatan. Lebih banyak dari jagung atau kedelai, akhirnya protein yang dihasilkan jadi lebih banyak.

You may also like