Dimulai Sejak Usia 20-an, Cegah Penuaan Dini Dengan Mengonsumsi 7 Makanan Ini

by Ratna Marlina
“Proses penuaan tersebut memang tidak bisa dilawan tetapi proses penuaan dini tersebut dapat dicegah.”

Proses penuaan pada kulit adalah sebuah proses yang tentunya dilewati oleh semua orang. Memiliki kulit halus dan kencang tentunya menjadi biar semua orang baik laki-laki maupun perempuan. Ada penelitian yang mengatakan bahwa penuaan pada kulit sudah dimulai sejak usia 20an dimulai dengan adanya kerutan, kulit yang kendur, pigmentasi, kulit kering dan kasar hingga kehilangan kekenyalan pada kulit.

Proses penuaan tersebut memang tidak bisa dilawan tetapi proses penuaan dini tersebut dapat dicegah. Kamu bisa mencoba mengkonsumsi jenis-jenis makanan di bawah ini untuk mencegah proses penuaan dini kamu.

1. Buah berry.

photo credit : dunia fitness

photo credit : dunia fitness

Buah Berry sendiri terdiri dari strawberry, raspberry, blueberry dan juga BlackBerry. Buah Berry akan tetap menjaga kesehatan kulit kamu dengan kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Selain itu kamu juga bisa meningkatkan produksi kolagen pada kulit kamu dan juga membantu kulit kamu bebas dari jerawat.

2. Pepaya.

photo credit : india times

photo credit : india times

Kamu bisa memakan buah pepaya secara langsung atau menjadikan pepaya sebagai masker kulit kamu. Buah pepaya sendiri memiliki banyak kandungan vitamin A, E dan C. Vitamin A pada pepaya membantu menghilangkan sel kulit mati pada kulit kamu. Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan dan vitamin C membantu memperbaiki dan meningkatkan kualitas kolagen pada kulit kamu.

3. Anggur.

Buah anggur mempunyai peran yang sangat penting untuk mencegah penuaan dini kamu. Karena pada buah anggur terdapat kandungan antioksidan dan vitamin C dosis tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas dan juga mengurangi kerutan atau bintik hitam pada kulit kamu.

4. Kiwi.

Jika kamu ingin mencegah penuaan dini kamu harus memasukkan buah kiwi ke dalam daftar makanan wajib kamu. Karena buah kiwi memproduksi antioksidan dalam jumlah yang cukup banyak sehingga dapat menjaga kulit kamu tetap sehat mengurangi kerutan memproduksi kolagen hingga menjaga elastisitas kulit kamu.

5. Semangka.

photo credit : prima.co.uk

photo credit : prima.co.uk

Semangka memang terkenal sebagai salah satu buah yang memiliki kandungan air yang cukup banyak. Kandungan air pada buah semangka sangat baik untuk kulit kamu karena dapat menghidrasi, melembabkan dan menutrisi kulit kamu. Jadi buah semangka memiliki peran yang cukup penting dalam menjaga kulit kamu.

6. Mangga.

Selain membantu mencegah penuaan dini buah mangga juga memproduksi banyak vitamin dan juga mineral yang baik untuk kesehatan kulit kamu. Kandungan beta karoten bermanfaat untuk memproteksi dan melindungi tubuh dari radikal bebas dan menjaga kekebalan tubuh dari serangan berbagai penyakit. Selain itu, kulit mangga dapat mengurangi bintik hitam pada kulit kamu akibat paparan sinar matahari.

7. Pisang.

Pisang memiliki kandungan vitamin B6 dan vitamin C yang cukup banyak sehingga dapat mencegah elastisitas kulit kamu. Selain kandungan vitamin B6 dan vitamin C, pisang juga memiliki kandungan antioksidan dan magnesium yang cukup banyak yang berguna untuk mencegah tubuh kamu dari serangan radikal bebas.

 

Selain dengan makanan diatas kamu juga bisa mencegah penuaan dini dengan menggunakan aneka krim wajah, tetapi kamu harus tetap konsisten saat memakai krim wajah tersebut untuk mencegah penuaan dini.

You may also like