Bisa Dicoba! Inilah Pilihan Jenis Investasi untuk Pemula:

by Ratna Marlina
Bisa Dicoba! Inilah Pilihan Jenis Investasi untuk Pemula

Bagi seseorang yang akan memulai, menentukan jenis investasi menjadi hal yang sulit. Padahal, berbagai pilihan jenis investasi untuk pemula sudah tersedia. Pilihannya tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan yang dimiliki.

Sebagian besar dari mereka cenderung takut mengambil resiko dan enggan mencari tahu secara lebih dalam. Lantas, pilihan investasi apa yang bisa dilakukan oleh seorang pemula? Untuk menjawabnya, berikut ulasan mengenai pilihan investasi untuk seorang pemula:

1. Emas

Emas menjadi salah satu investasi yang banyak dipilih oleh para pemula. Hal ini lantaran, cara ini memiliki tingkat risiko yang tidak tinggi ketimbang lainnya. Selain itu, pencairan jenis investasi ini juga terbilang mudah. Harganya juga cenderung stabil, meski kenaikannya tidak cukup besar dan rawan diambil oleh orang lain bila tidak disimpan dengan benar.

2. Saham

Investasi juga menjadi tren baru baru-baru ini. Dengan memilih cara ini, tidak diperlukan modal besar serta mudah diperjualbelikan. Dalam cara ini, ada dua pilihan yang dapat dilakukan yakni saham yang dipilih untuk diinvestasikan dalam jangka waktu panjang atau dengan trading.

Kalau trading, otomatis tak dapat didiamkan. Profit harus dikejar dan dicari dengan cara transaksi yang berkesinambungan. Salah satu cara trading yang bisa dicoba yakni dengan daftar Autotrade Gold. Dengan menggunakannya, tentu akan memberikan kemudahan saat melakukan kegiatan trading.

3. Properti

Berbeda dengan pilihan sebelumnya, cara ini butuh anggaran yang cukup besar. Meski begitu, keuntungan yang didapatkan juga terbilang besar dengan jangka waktu yang lama. Cara ini juga salah satu yang paling menjanjikan dibandingkan lainnya.

Hal tersebut lantaran, harga properti seperti rumah dan tanah selalu meningkat tiap tahun. Namun sayangnya, hanya pemula yang memiliki modal besar yang dapat menjalankan investasi ini. Mengingat, pajak serta biaya perawatannya pun cukup besar.

4. Obligasi

Obligasi tergolong dalam investasi yang punya tingkat keamanan yang stabil. Akan tetapi, laba yang diperoleh pun juga rendah. Penanam modal dengan obligasi otomatis memiliki kepemilikan terkait sesuatu. Perannya yakni sebagai orang yang memberikan pinjaman kepada perusahaan ataupun pemerintah.

5. Reksa Dana

Pilihan terakhir adalah reksa dana. Cara ini juga cocok digunakan oleh para pemula yang memiliki modal kecil. Terutama bagi seseorang yang tak punya banyak waktu, cara ini bisa dipilih karena sudah ada manajer investasi untuk mengelola dana tersebut. Meski begitu, ada biaya tambahan terkait jasa yang diberikan. Keuntungannya pun harus dibagi rata antara keduanya. Wajar, jika laba yang diperoleh pun terbilang kecil.

Nah, itulah ulasan mengenai beberapa model investasi yang dapat diambil. Pilihan-pilihan tersebut memiliki tingkat resiko yang cukup rendah. Meski begitu, gunakan cara investasi sebijak mungkin untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat!