Belajar Mengucapkan ‘Tidak’ Untuk Kamu Yang Nggak Enakan Dengan Orang Lain. Catat Yuk Biar Nggak Dimanfaatin!

by Ratna Marlina
“Menjadi orang baik itu harus, tapi menyisipkan sedikit ketegasan juga perlu.”

SahabatGrammar orangnya tidak enakan dengan orang lain? Tidak enak menolak permintaan orang lain dan takut orang lain kecewa dengan kamu? Wah, hebat sekali sifat tersebut. Namun, selalu menuruti permintaan orang lain juga merugikan loh. Kamu pasti tahu kan? Nah oleh sebab itu, harus kamu kurang-kurangi sifat kamu itu. Tapi pasti susah ya bila sifat tersebut telah menjadi kebiasaan? Coba dibaca yuk beberapa tips untuk belajar mengatakan tidak pada orang lain ini.

1. Demi Kebaikan

Tidak selamanya menolak permintaan orang lain menandakan bahwa kamu egois dan jahat. Tapi menolak permintaan orang lain bisa juga berarti kebaikan. Coba kamu pikirkan hal ini ketika kamu akan menolak permintaan. Ketika kamu menolak permintaannya, kamu membuat dia lebih mandiri dan juga kamu membuat dirimu menjadi orang yang lebih tegas. Bila kamu selalu membantunya, maka dia tidak akan pernah mandiri.

2. People will not like you anyway

photo credit: Google

photo credit: Google

Yup, kamu tidak akan pernah bisa membahagiakan semua orang. Jadi meskipun kamu selalu menuruti permintaan orang lain, tidak ada keuntungan signifikan untuk kamu. Akan tetap ada orang-orang yang tidak menyukai kamu. Jadi, jangan terlalu baik dengan orang lain, kamu jauh lebih penting untuk dibuat merasa baik dan bahagia.

3. Apakah dia akan berlaku sama?

Sahabat Grammar coba pikirkan hal ini ya. Ketika kamu berbuat baik dengan orang lain, apakah orang tersebut akan berlaku sama untuk kamu? Misal, ketika kamu dengan sangat berusaha meluangkan waktu untuk membantunya, apakah dia akan membatu kamu balik pada saat dirinya juga hanya memiliki sedikit waktu? Bukan maksudnya itung-itungan soal kebaikan, namun pada kenyataannya bila kamu terlalu baik, kamulah yang dirugikan. Kamu akan jadi pihak yang akan selalu dia andalkan padahal dia tidak berusaha maksimal. Katakan tidak ya SahabatGrammar, apapun resikonya. Biarkan dia marah, kamu yang lebih penting bahagia.

4. Berteman berbeda dengan memanfaatkan

photo credit: Google

photo credit: Google

Yup, bila alasan kamu enggan berkata tidak dengan orang lain karena dia adalah teman kamu, itu salah ya. Bisa jadi teman yang kamu anggap teman itu, berteman dengan kamu hanya karena kamu baik dan bisa diandalkan. Hal seperti itu adalah salah satu bentuk pemanfaatan, dan tidak baik bila dilanjutkan. Nah, jangan sampai ya hubungan perteman kamu ada motif lainnya. Oleh sebab itu, kamu harus belajar menolak dan berlaku tegas pada orang lain.

Nah itu dia sahabat grammar, beberapa tips yang bisa kamu pikirkan dan tanamkan sebelum menjawab ‘ya’ pada orang lain. Ayo buat dirimu lebih baik!

You may also like