Banyak Tugas Atau Kerja Lembur membuatmu kurang tidur? Jangan Keseringan Loh, 7 Hal Ini Akan Terjadi Saat Kamu Kurang Tidur

by Ratna Marlina
Seiring bertambahnya usia, jumlah jam tidur setiap orang juga berubah. Diusia 14 tahun ke atas tubuh kamu hanya membutuhkan 7-10 jam tidur setiap harinya. Jika kamu kurang tidur apa sih yang terjadi pada tubuhmu ?

Tugas, skripsi dan lembur mungkin menjadi salah satu alasan kamu kurang tidur. Jumlah jam tidur yang disarankan adalah sekitar 8 jam. Akan tetapi, jumlah jam tidur setiap kategori umur itu ternyata berbeda loh.

Bayi baru lahir hingga berusia 1 tahun membutuhkan waktu tidur lebih dari 16 jam setiap harinya. Seiring bertambahnya usia, jumlah jam tidur setiap orang juga berubah. Diusia 14 tahun keatas tubuh kamu hanya membutuhkan 7-10 jam tidur setiap harinya. Kekurangan dan kelebihan tidur akan membuat tubuh kamu lebih gampang terserang penyakit.

SahabatGrammar, inilah 7 hal yang akan terjadi jika kamu kurang tidur.

1. Sakit.

photo credit : google

photo credit : google

Yup, sakit. Tubuh akan lebih mudah terserang berbagai penyakit karena sistem kekebalan tubuhmu bakan menurun jika kamu terus-terusan kurang tidur. Pada saat kamu tidur, badan kamu akan mengalami proses regenerasi sel-sel yang rusak. Semakin lama kamu tidur, sel rusak kamu tentu semakin banyak yang diperbaiki. Jadi jangan heran kalau kamu gampang sakit karena kamu kurang tidur.

Hal ini terjadi semata karena banyaknya sel yang rusak tidak diregenerasi pada saat kamu tidur, karena kurang. Duh, jaga kesehatan kamu dengan tidur yang cukup ya Sahabat Grammar.

2. Meningkatnya penyakit jantung dan hati.

Tidur kurang dari 5 jam dan lebih dari 9 hari? Kamu salah satu orang yang akan lebih mudah terkena resiko terserang stroke hingga penyakit jantung koroner loh. Jantung kamu walau terus berdetak bukan berarti tidak ada masa ‘jenuhnya’. Aktivitas kamu sehari-hari akan memicu jantung kamu untuk bekerja lebih keras, apalagi kalau kamu sering harus berlari-lari atau ada kegiatan di kantor yang menguras perhatian kamu.

Dengan kamu hanya tidur 5 jam selama 9 hari, jantung kamu akan ‘overload’ dan kerja yang terus menerus tanpa jeda relaksasi akanmemberikan ketegangan pada kamu yang akan berujung pada stroke.

3. Tidak hanya itu, resiko terserang kanker juga lebih besar.

photo credit : US news heath

photo credit : US news heath

Resiko kamu terserang kanker berbagai jenis kanker seperti kanker payudara lebih besar dibandingkan dengan mereka yang cukup setiap harinya. Sel carsinogen yang timbul akan lebih cepat berkembang biak kalau daya tahan tubuh kamu menurun akibat kurang tidur. Tubuh kamu juga jadinya tidak memiliki mekanisme defensif yang cukup kuat kalau kamu kurang tidur. Oleh sebab itu, istirahat yang cukup ternyata selain membantu regenerasi sel juga memperkuat tubuh kamu melawan penyakit.

4. Berat badan kamu akan meningkat.

Di saat kamu masih belum tidur, kamu akan memiliki nafsu makan yang lebih tinggi dibandingkan dengan biasanya dan juga rasa lapar yang berlebihan ketika kamu kurang tidur. Benar ngga ? Hal ini terjadi karena tubuh kamu merasa perlu asupan energi terus menerus yang tinggi. Padahal, sebelumnya kamu punya rutinitas makan yang baik. Nah rutinitas tersebut menjadi rusak akibat lembur dan seringnya begadang, sehingga ritme badan kamu menjadi kacau yang berujung pada keinginan makan terus menerus yang aneh.

5. Kamu akan terlihat TUA !

Saat kamu tidur, tubuh kamu akan menghasilkan collagen yang berguna untuk menjaga keelastisan kulit. Sudah bisa ngebayangin bagaimana kalau kamu kekurangan collagen ? Kerut-kerut halus dan kantung mata akan mulai timbul tanpa bisa kamu cegah. Tidak hanya itu, jika kamu kurang tidur, kamu akan memiliki mata panda dan juga wajah kamu akan terlihat kusam.

6. Bisa jadi gangguan kesuburan kamu juga loh.

Jika kamu memiliki pola tidur yang buruk atau sering kurang tidur, kamu bisa terkena gangguan kesuburan. Gangguan kesuburan ini disebabkan karena saat kamu tidur tubuhmu bisa mendukung produksi hormon reproduksi sehingga bisa meningkatkan kesempatan kehamilan yang tinggi. Kamu yang kurang tidur akan mengalami gangguan kesuburan dan sering ditandai dengan haid yang tidak teratur, gelisah, dan sering emosi.

7. Kamu akan membahayakan orang lain.

Berkendara saat kamu kurang tidur sangatlah berbahaya, kamu tidak hanya membahayakan dirimu sendiri, kamu juga membahayakan pengguna jalan yang lain loh.

 

Bagaimana Sahabat Grammar? Masih tetap ingin tidur larut malam? 7 hal yang terjadi jika kamu kurang tidur. Jika kamu masih ingin sehat dan tetap cantik, tidak ada salahnya ‘kan, tugasmu di tunda sampai besok? Tubuh kamu ada jam kerjanya yang normal. Dengarkanlah tubuh kamu, dan ketahuilah kapan kamu harus istirahat atau tidak. Jangan sampai kamu sakit serius hanya karena kurang tidur yang terlihat sepele ini, bukan?

You may also like