Awas! Nggak Banyak Yang Tahu, Ternyata 6 Bahan Dasar DIY Beauty Products Ini Berbahaya Untuk Kulitmu

by Ratna Marlina

Blog dan vlog yang menerangkan cara membuat DIY masker dengan menggunakan bahan-bahan yang dengan mudah bisa kamu dapatkan di supermarket sudah banyak tersedia di internet. Namun, sudahkah kamu mengetahui efek samping dari penggunaan bahan-bahan DIY masker tersebut?

Mulai dari international beauty vlogger Huda Kattan hingga yang lokal vlogger, yang ngasih tutorial DIY masks atau scrub sudah nggak terhitung lagi jumlahnya. Sayangnya, nggak semua beauty vlogger menerangkan efek samping dari penggunaan bahan-bahan DIY masker ini. Akibatnya, banyak yang beralih dari beauty products yang tersedia di beauty store ke masker-masker DIY yang masih dipertanyakan efek jangka panjangnya. Kebanyakan memberi efek positif pada kulit di jangka pendek, namun pada jangka panjang penggunaan bahan-bahan ini berisiko menimbulkan iritasi parah pada kulitmu. Apa saja bahan-bahan DIY beauty hacks yang berbahaya untuk kulitmu? Keep scrolling to find out!

1. Baking Soda

Photo Credit: Healthy Food House

Photo Credit: Healthy Food House

Kalau kamu ngeklik tab ‘beauty tips’ atau nonton video-video diy mask atau scrub di Youtube, kamu pasti sering nemuin Baking Soda jadi main ingredientsnya, mulai dari masker untuk mengencangkan pori-pori wajah atau exfoliator. Ternyata, baking soda nggak selalu bagus lho untuk kulitmu. Baking soda yang bersifat alkalin, jika diaplikasikan langsung kepada kulitmu yang bersifat agak asam, dapat membuat kulitmu iritasi dan merusak lapisan pelindung kulit, alias membuat kulit menjadi tipis. Penggunaan baking soda terlalu sering juga dapat menyebabkan kulit kehilangan kelembaban alaminya.

2. Lemon

Photo Credit: vig-power.org

Photo Credit: vig-power.org

Lemon yang mempunyai pH 2, jika diaplikasikan terus menerus secara langsung di kulit akan membahayakan kulitmu, baik di jangka pendek atau nanti di masa depan. Beberapa orang akan menunjukkan gejala alergi seperti kemerahan atau sensasi panas, namun ada juga yang beberapa tidak ada reaksi apa-apa, namun lama kelamaan penggunaan lemon in bisa membuat kulitmu kering banget. Sama seperti baking soda, lemon juga berpotensi merusak mantel kulitmu yang berfungsi untuk melindungi kulitmu dari bakteri dan kuman.

3. Toothpaste

Photo Credit: Fred Tipodi DDS

Photo Credit: Fred Tipodi DDS

Pasta gigi adalah salah satu DIY skin hacks yang paling populer, tapi nggak banyak yang tahu efek samping penggunaan pasta gigi sebagai ‘krim jerawat’ ini. Pasta gigi mengandung banyak formula yang bisa bikin kulit kering dan iritasi. Memang, pasta gigi ini bisa membantu mengeringkan jerawat, tapi pasta gigi juga menghilangkan kelembaban alami pada kulitmu. Karena formulanya yang keras untuk kulit, mengoleskan pasta gigi ke kulit bisa meninggalkan bekas luka hitam pada kulitmu.

4. Putih Telur

Photo Credit: ko-te.com

Photo Credit: ko-te.com

Putih telur dikenal ampuh sebagai bahan masker untuk menghilangkan komedo. Tapi, yang jarang diingatkan oleh para beauty vlogger di Youtube adalah bahan telur mentah dapat mengandung beberapa bakteri berbahaya, salah satunya salmonella bacteria. Kamu tetap bisa menggunakan putih telur sebagai bahan masker alamimu dengan membeli pasteurised eggs di supermarket favoritmu yang lebih aman dari bakteri berbahaya.

5. Apple Cider Vinegar

Photo Credit: Reader's Digest

Photo Credit: Reader’s Digest

Mengkonsumsi cuka apel atau Apple Cider Vinegar (ACV) bagus untuk kesehatanmu, tapi nggak buat kulitmu. Salah satu resep DIY untuk facial yang paling terkeal adalah mencampur ACV dan satu tablet aspirin –which is actually a disaster in the making! Meski ACV mengandung alpha hydroxy acids dan aspirin mengandung anti-inflammatory salicylic acid (zat yang umumnya dikandung di produk anti jerawat), keduanya nggak stabil dan aman dipakai kalau dikombinasiin. Selain hasil pencampuran keduanya bakal terlalu ‘keras’ buat kulit wajah kamu, campuran aspirin feat ACV ini bisa menyebabkan iritasi hebat pada kulitmu, bahkan menyebabkan kulitmu luka seperti terbakar!

6. Gula Pasir

Photo Credit: infokuberita.com

Photo Credit: infokuberita.com

Kamu pasti sudah cukup familiar kalau terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula bisa membuat kulitmu mengalami breakouts. Meski penggunaan gula pasit ini cukup populer di kalangan DIY facial scrub, tekstur butiran gula pasir terlalu kasar untuk kulit wajah. Exfoliasi kasar dengan menggunakan gula pasir bisa membuat luka kecil tak terlihat pada kulitmu yang dapat menyebabkan kulitmu menua lebih awal. Namun, kamu tetap bisa menggunakan scrub yang terbuat dari gula untuk di tubuhmu, karena tekstur kulit yang lebih tebal.

 

Setelah tahu efek-efek berbahaya dari penggunaan bahan tersebut, kamu pasti sudah bisa lebih bijaksana sebelum mencoba memutuskan DIY mask or scrub yang sering beredar di internet. Akan lebih baik jika kamu memakai produk masker atau facial scrub untuk menangani masalah kulitmu dengan menggunakan beauty products yang diracik di bawah pengawasan dermatologist terpercaya.

You may also like