8 Universitas Ivy League Terbaik Dunia. Inilah Tempat Kuliah Impian Bagi Kamu Yang Ingin Serius Menuntut Ilmu

by Ratna Marlina
photo credit : thedp
Ingin kuliah di negri Paman Sam? 8 Universitas Ivy League terbaik di dunia ini mungkin bisa jadi pilihan kamu.

SahabatGrammar tahu apa itu IvyLeague? Ivy League merupakan sebuah asosiasi yang beranggotakan 8 universitas bergengsi di Amerika. Tentu saja universitas yang tergabung dalam Ivy League sendiri menjadi tempat kuliah impian bagi seluruh calon mahasiswa seluruh dunia loh. Langsung saja yuk kita cari tahu universitas apa saja sih yang tergabung dalam Ivy League.

1. Harvard University.

photo credit : google

photo credit : google

Siapa sih yang tidak pernah mendengar kata Harvard? Harvard University tidaklah perlu di ragukan lagi, Harvard sendiri universitas yang paling bergengsi di dunia. Memiliki 9 fakultas ternama, yaitu Harvard Faculty of Arts and Sciences, Harvard Medical School, Harvard Divinity School, Harvard Law School, Harvard Bussiness School, Harvard Graduate School of Design, Harvard Graduate School of Education, Harvard School of Public Health dan Kennedy School of Government. Yang tidak kalah menarik adalah kantin dari Harvard yang megah menjadi tujuan kunjungan ke Harvard.

Harvard University sendiri memiliki perpustakan nomor dua terbesar di dunia bukan hanya di Amerika saja. Siapa yang tidak tahu Mark Zuckerberg, Bill Gates, Barack Obama, Merry Riana? Mereka adalah sebagian kecil lulusan dari Harvard University loh. Tertarik seperti mereka?

2. Yale University.

photo credit : google

photo credit : google

Berdiri sejak 1701 di New Haven, Connecticut. Yale University memiliki moto dengan bahasa Latinnya “Lux et veritas” yang berarti Cahaya dan kebenaran”. Hillary Clinton juga Bill Clinton, Presiden dan juga Ibu Negara ke 42 Amerika ini merupakan salah satu lulusan sekolah hukum di Yale University. Tidak hanya Bill dan Hillary Clinton beberapa orang-orang penting juga lulusan Yale University seperti Presiden Amerika 43 George Bush, aktris Jodie Foster.

Yale University memiliki 12 fakultas, antara lain Yale College, pendidikan tinggi empat tahun setara S1. Yale Graduae School of Arts and Sciences, yaitu Program Pascasarjana S2 dan S3 Ilmu-ilmu Sosial, Ekskata dan Seni, serta sepuluh Profesional Schools atau Fakultas Bidang Profesional. Fakultas Bidang Profesionalnya terdiri dari : Fakultas Kedokteran, Fakultas Teologi, Fakultas Hukum, Fakultas Seni, Fakultas Musik, Fakultas Lingkungan dan Kehutanan, Fakultas Keperawatan, Fakultas Drama, Fakultas Arsitek dan juga Fakultas Manajemen.

3. Princeton University.

photo credit : google

photo credit : google

Princeton University, merupakan institusi pendidikan tertua ke 4 di Amerika Serikat. Princeton University sendiri menyediakan program sarjana dan pascasarjana dalam bidang humaniora, ilmu sosial, ilmu alam, dan teknik. Namun Princeton University tidak memiliki fakultas kedokteran, hukum, keagamaan, pendidikan, dan bisnis.

Princeton menjadi universitas pertama yang menghilangkan pinjaman untuk semua mahasiswa yang memenuhi syarat untuk bantuan keuangan. Princeton University sendiri memiliki beberapa fasilitas apartemen untuk mahasiswa pascasarjana dan tanggungan mereka, yaitu Butler Apartments, Lawrence Apartments, dan Stanworth Apartments.

Mantan Ibu Negara Michelle Obama atau yang lebih dikenal sebagai istri dari Presiden kulit hitam pertama di Amerika merupakan salah satu Lulusan Princeton University.

4. University of Pennsylvania.

photo credit : thedp

photo credit : thedp

Universitas swasta di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1740 Universitas tertua ke-4 di Amerika yang terkenal dengan program-program profesionalnya, termasuk sekolah bisnis, hukum dan kedokterannya.

University of Pennsylvania sendiri memiliki sebuah perpustakaan yang di bangun oleh Benjamin Franklin. Tidak hanya perpustakaan Pennsylvania sendiri memiliki program-program yang berguna untuk meningkatkan kualitas mahasiswanya seperti Continuing Education and Lifelong Learning , International programs and Service , Online learning dan juga Summer Programs.

Prof. Dr. H. Boediono, M.Ec. wakil Presiden ke-11 kita juga lulusan University of Pennsylvania.

5. Dartmouth College.

 

photo credit : Google

photo credit : Google

Didirikan pada tahun 1769 di Hanover, New Hampshire, Amerika Serikat, Dartmouth College merupakan salah satu anggota dari Ivy League. Dengan pendaftar yang hanya 6.400 mahasiswa, Darthmouth sendiri merupakan universitas paling kecil dalam anggota Ivy League. Akan tetapi, fasilitas yang di tawarkan oleh DartMouth College sendiri tidak kalah dengan Universitas anggota Ivy League lainnya seperti studio drama, studio film, studio musik bahkan studio perhiasan.

Dartmouth sendiri juga mempunyai berbagai lapangan untuk menunjang kegiatan olahraga mahasiswanya.

6. Brown University.

photo credit : Brown.edu

photo credit : Brown.edu

Brown University adalah universitas di Amerika yang menerima mahasiswanya tanpa memandang agama. Jurusan teknik Brown University merupakan jurusan tertua yang ada di Ivy League. Brown University terdiri dari Program sarjana dan Pascasarjana ditambah dengan Alpert Medical School, School of Public Health, School of Engineering, dan the School of Professional Studies. Pembroke College, salah satu perguruan tinggi yang dikhususkan untuk perempuan yang tergabung dalam Brown University.

7. Columbia University.

photo crcedit : columbia.edu

photo crcedit : columbia.edu

Columbia University berdiri tahun 1754, dijantung kota Amerika Serikat. Didirikan dengan nama King’s College oleh Raja George II, tetapi King’s College berganti nama menjadi Columbia University setelah Amerika merdeka. Columbia University menjadi perguruan tinggi dengan jurusan Jurnalisme terbaik di Amerika.

Theodore Roosevelt, Franklin D. Roosevelt dan juga Barrack Obama menjadi alumni dari Columbia University.

8. Cornell University.

photo credit : cornell.edu

photo credit : cornell.edu

Cornell University sendiri mempunyai dua kampus kedokteran yaitu di New York dan juga di Qatar. Cornell University merupakan perguruan tinggi dengan desain bangunan terbaik di Amerika yang menjadi anggota Ivy League paling muda. Cornell menawarkan beberapa program dalam seni liberal, teknik, pertanian, manajemen, hukum, kedokteran dan kedokteran hewan.

Bagaimana SahabatGrammar? tertarik tidak menjadi bagian dari orang-orang sukses jebolan universitas anggota Ivy League?

You may also like