5 Cara Pasang Wiper Mobil dengan Mudah

by Ratna Marlina
5 Cara Pasang Wiper Mobil dengan Mudah

Bilah penghapus kotoran atau pembersih pada kaca mobil sangat penting dijaga keawetannya. Untuk itu, diperlukan informasi mengenai salah satunya cara pasang wiper mobil karena tidak semua pemilik kendaraan mengetahuinya. Di bawah ini telah dijabarkan poinnya, silahkan simak dengan seksama!

1. Lakukan Pengukuran pada Wiper

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh pemilik mobil adalah mengukur wiper pribadi sebelum membeli penggantinya. Ukur dengan menggunakan penggaris atau meteran pada bilah penghapus tersebut secara benar tepat (satu sisi biasanya lebih pendek).

Setelah melakukan pengukuran, pemilik mobil bisa mencatatnya di kertas untuk mencari dan membeli pada toko onderdil. Pergilah ke toko yang menjual aksesoris kendaraan roda empat dengan stok lengkap agar tidak banyak membuang waktu.

2. Angkat Wiper dari Tempatnya

Langkah kedua yaitu pemilik mobil dapat mengangkat kedua wiper dengan teliti jangan sampai membuatnya mengenai kaca depan. Pegang pada bagian lengan agar proses pengubahan posisi tetap stabil (tegak lurus).

Perhatikan dengan benar saat sedang merubah posisi ini karena pada wiper di bagian lengan terdapat sebuah logam yang mempunyai per. Apabila saat mengangkat tidak benar dikhawatirkan akan membuat kaca depan kendaraan mengalami keretakan akibat pengaruh pegas tersebut.

3. Copot Wiper Lama

Langkah ketiga yang harus dikerjakan adalah melepaskan wiper lama dari tempatnya dengan menekan sumbat yang terdapat pada bilah tersebut. Disini pastikan bahwa tangan pemilik mencopot wiper secara pelan dan hati-hati supaya tidak menggores kaca depan.

Untuk wiper dengan tipe frame dapat dengan menekan ke bagian atas pada penjepit lalu mendorongnya. Namun, wiper yang tidak mempunyai frame bisa dengan mengunci terlebih dahulu kemudian baru mencopotnya ke bagian bawah.

4. Pasang Wiper Baru

Langkah keempat dalam cara pasang wiper mobil yaitu melakukan pemasangan wiper baru yang telah sebelumnya dibeli di toko onderdil. Dimana pada tipe frame dapat dengan menekan pengait masuk ke tempat wiper kemudian dorong ke sisi atas sampai terdengar bunyi klik.

Sedangkan pada tipe tidak memiliki frame dapat dengan memasukkan batang ke tempat wiper-nya kemudian lakukan penutupan. Untuk wiper kedua tahap pemasangan hampir sama seperti yang telah disebutkan.

5. Bersihkan Wiper dengan Lembut

Langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah membersihkan karet pada wiper dengan kain penyeka yang tidak basah agar terlihat bersih. Kemudian pemilik mobil bisa menurunkan wiper yang tadi baru dipasang secara perlahan-lahan lagi lembut.

Namun, apabila pemilik mobil masih belum paham dapat mengunjungi situs Mobilku atau yang merangkum seputar otomotif. Siapa tau dengan berkunjung ke platform tersebut akan menambah wawasan selain pemasangan wiper.

Itulah sekelumit cara pasang wiper mobil dengan benar dan mudah dalam teknik pengerjaannya. Walaupun begitu, pemilik mobil harus tetap teliti dalam setiap penerapan langkah agar hasil dapat optimal serta tidak mengecewakan.

You may also like