4 Perbedaan WA GB dan WA Aero yang Wajib Diketahui

by Ratna Marlina
4 Perbedaan WA GB dan WA Aero yang Wajib Diketahui

Pengguna aplikasi chatting WhatsApp pasti pernah merasa bosan dengan tampilan aplikasi yang monoton dan kurang atraktif. Sebagai jalan keluar, banyak yang beralih menggunakan aplikasi WhatsApp mod seperti GB WhatsApp ataupun WhatsApp Aero. Kenali perbedaan WA GB dan WA Aero berikut ini sebelum menentukan aplikasi yang akan digunakan.

1. Spesifikasi Aplikasi

Berbicara tentang spesifikasi aplikasi, tentunya terdapat perbedaan antara keduanya. Meskipun sama-sama aplikasi hasil modifikasi, WA GB dan WA Aero berasal dari developer yang berbeda. WhatsApp GB berada di bawah naungan developer GB Mods (Atnfas Hoak). Sedangkan WhatsApp Aero dimiliki oleh developer FMWhatsApp (Fouad Mods) sejak diluncurkan tahun 2020.

Kedua aplikasi mod tersebut juga memiliki ukuran berbeda. WhatsApp GB memiliki ukuran yang lebih kecil yakni 44,3 MB dibandingkan rivalnya sebesar 45 MB. Keunggulan WhatsApp GB adalah tersedianya layanan dual WA. Artinya, satu perangkat bisa menggunakan dua aplikasi WA bersamaan. Hal ini tidak bisa dilakukan jika menggunakan aplikasi mod lain.

2. Fitur Perpesanan (Chatting)

Perbedaan WA GB dan WA Aero yang kedua terletak pada fitur perpesanan atau chatting. WhatsApp GB memungkinkan pengguna bisa membaca dan mengirim pesan lebih privasi dengan adanya fitur pesan berjadwal dan membalas pesan otomatis. Sangat berguna untuk akun bisnis/usaha yang memiliki sedikit waktu mengetik balasan pesan yang sama.

Terlebih lagi, WhatsApp GB memungkinkan pengguna berkirim pesan dengan nomor yang tidak tersimpan. Hal ini tidak bisa ditemukan pada aplikasi original maupun versi mod lain. Tidak ingin kalah dengan aplikasi mod pesaingnya, WhatsApp Aero menawarkan fitur perpesanan tidak kalah bagus.

Terdapat fitur penguncian pesan (chatting lock) yang membuat pesan-pesan menjadi lebih aman. Fitur ini sangat cocok bagi pengguna yang tidak ingin privasinya dilihat orang lain. Penguncian chat ini sangat berguna karena tidak membutuhkan aplikasi tambahan.

3. Sistem Keamanan dan Privasi

Setiap aplikasi chatting WhatsApp, baik original maupun versi mod memiliki standar keamanan dan privasi masing-masing. Banyak masyarakat beranggapan bahwa aplikasi mod memiliki tingkat keamanan yang minim. Dibandingkan versi original, aplikasi mod memang tergolong rentan dalam masalah keamanan, peretasan data, dan virus/malware.

Kedua pengembang WhatsApp mod mengatakan bahwa aplikasi yang dibuat telah dinyatakan aman dan layak pakai. Bahkan WhatsApp Aero mengklaim memiliki sistem anti-banned, sehingga tidak perlu khawatir akun akan terblokir seperti kasus aplikasi mod lain. Pengguna bisa memakai aplikasi ini untuk akun pribadi maupun bisnis dengan lebih tenang.

Aplikasi mod berasal dari pihak ketiga, sehingga tidak tersedia di Play Store. WhatsApp GB maupun Aero hanya bisa di download di situs-situs penyedia aplikasi terpercaya, salah satunya starpetrochem.co.id. Sejauh ini tidak ada keluhan dari pengguna aplikasi modifikasi tersebut, sehingga tidak perlu merasa risau berlebihan.

4. Profil dan Story WhatsApp

Selain menu chatting, aplikasi WhatsApp juga digemari karena adanya menu profil dan story pengguna. WhatsApp Aero memberikan pengaturan profil yang lebih fleksibel dengan ukuran foto profil yang lebih besar. Terdapat menu File Logs yang berfungsi untuk melihat orang/akun yang mengunjungi profil pengguna.

Tidak ingin kalah, WhatsApp GB juga melakukan pembenahan menu story WhatsApp. Pada kebanyakan aplikasi, original maupun mod, status/story bisa dikirim dalam format jpg ataupun video. Namun, durasi video sangat minim yakni 30 detik. Keunggulan WhatsApp GB yakni menyediakan durasi upload story video lebih panjang hingga 7 menit.

Masih banyak perbedaan WA GB dan WA Aero yang belum bisa dijelaskan satu persatu pada artikel ini. Memilih aplikasi mod yang lebih baik tidak bisa didasari hanya dari satu aspek. Karena setiap aplikasi memiliki kekurangan dan kelebihan. Sesuaikan pilihan dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

You may also like