2 Cara Unduh Video TikTok di Komputer yang Paling Mudah

by Ratna Marlina
2 Cara Unduh Video TikTok di Komputer yang Paling Mudah

Kaum milenial pasti sudah tidak asing lagi dengan TikTok. Aplikasi berbagi video satu ini banyak digunakan sebagai sarana menyalurkan kreativitas, hobi hingga konten lucu. Melihat hal tersebut, tidak sedikit orang yang ingin mengoleksi kontennya baik itu melalui ponsel ataupun komputer. Meskipun cara unduh video TikTok di komputer dan di ponsel berbeda, keduanya tidak sulit dilakukan.

Ponsel yang biasanya berbasis android atau iOS memiliki cara sendiri jika akan mengunduh video TikTok. Pengguna bisa langsung mengunduh pada aplikasinya atau menggunakan bantuan aplikasi lain yang diunduh melalui Google Play Store. Untuk komputer sendiri, karena sistem operasinya berbeda pengguna tidak bisa mengakses laman TikTok begitu saja. Berikut cara mengunduh video TikTok melalui komputer:

Manfaatkan Situs Internet untuk Mengunduh Konten TikTok Melalui Komputer

Tidak perlu bingung jika ingin mengunduh video TikTok melalui komputer. Pasalnya, kini banyak situs yang menawarkan jasa unduhan baik secara gratis maupun berbayar dengan penawaran menariknya masing-masing. Salah satu situs yang bisa digunakan adalah sssTikTok dimana situs ini sudah cukup terkenal untuk mengunduh konten TikTok. Adapun tahapan yang bisa diikuti adalah sebagai berikut:

  • Persiapkan terlebih dahulu video TikTok yang akan diunduh. Pengguna bisa mengakses situs TikTok melalui browser komputer dengan menuliskan situs resmi TikTok di laman pencarian.
  • Pada laman yang telah terbuka, pengguna bisa login terlebih dahulu dengan akun yang dimiliki atau langsung mencari video yang diinginkan. Tuliskanlah kata kunci yang berkaitan dengan video incaran melalui kolom pencarian dan tekan enter.
  • Jika video yang akan diunduh sudah ditemukan, klik videonya agar terbuka.
  • Agar video tersebut dapat diunduh, tekan tombol “Share” dan “Copy link”. Dengan begitu tautan dapat disalin pada sssTikTok nantinya.
  • Selanjutnya, buka tab baru dan ketikkan alamat situs yang sudah dituliskan di atas, lalu tekan enter.
  • Pada laman sssTikTok yang telah terbuka pengguna bisa langsung menyalin tautan video tadi pada kolom yang bertuliskan “Sisipkan tautan”. Setelah tautan ditempelkan, tekan tombol “Download” yang ada di sampingnya.
  • Tunggu sistem memproses dan video akan diunduh segera agar dapat tersimpan pada folder Download di perangkat komputer pengguna.

Manfaatkan Aplikasi Internet Download Manager agar Konten TikTok Terunduh di Komputer

Dulu, IDM atau Internet Download Manager banyak digunakan untuk mengunduh film agar lebih mudah dan cepat. Memasuki era boomingnya penggunaan TikTok, cara unduh video TikTok di komputer kini bisa memanfaatkan aplikasi tersebut. Dengan adanya IDM, mengunduh konten menjadi lebih mudah dengan cara penggunaannya berikut ini:

  • Jika belum memiliki IDM silakan unduh terlebih dahulu aplikasi ini melalui berbagai situs di internet. Kini banyak situs yang memberikan kemudahan agar IDM bisa diunduh oleh para pengguna komputer atau laptop.
  • Jika software IDM telah tersedia, segera pasang atau install aplikasi tersebut pada komputer. Pastikan proses instalasi benar dan sukses hingga tuntas.
  • Sekarang silakan akses situs TikTok dan temukan video yang ingin diunduh. Masih seperti cara sebelumnya, carilah video menggunakan kata kunci yang sesuai pada kolom pencarian agar lebih mudah ditemukan.
  • Pada video yang akan diunduh, pengguna bisa membuka videonya terlebih dahulu agar tombol Internet Download Manager bisa muncul.
  • Jika tombol download-nya telah tersedia, langsung saja tekan dan tunggu sistem memproses perintah pengguna.
  • Jika proses pengunduhan telah selesai, pengguna bisa langsung membuka video tersebut atau masuk ke direktori download untuk menemukannya.

Dua pilihan di atas dapat digunakan sebagai cara unduh video TikTok di komputer dengan mudah, cepat dan praktis. Video TikTok yang telah diunduh bisa dikoleksi pada komputer dan ditonton ulang ketika butuh hiburan atau inspirasi. Selain terkait dunia TikTok, dengan mengunjungi liga-indonesia.id juga pengguna bisa menemukan beragam tips hingga artikel lainnya yang menarik untuk dibaca.

You may also like